MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MELALUI PEMBELAJARAN MATEMATIKA CONCEPT-RICH

Haji, Saleh (2014) MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MELALUI PEMBELAJARAN MATEMATIKA CONCEPT-RICH. In: SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN MATEMATIKA, 14 Maret 2014, University of South Australia.

[img]
Preview
Text (Procedding)
B46b_SALEH HAJI_SEMNAS TDK BERPROSIDING_UNIB_2014.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (20MB) | Preview

Abstract

Salah satu objek yang dipelajari dalam matematika adalah konsep. Pemahaman terhadap konsep sangat penting, karena dapat mempengaruhi terhadap pemahaman objek-objek matematika yang lain yaitu prinsip dan keterampilan. Untuk dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam memahami konsep matematika diperlukan suatu pembelajaran yang memberikan kesempatan siswa untuk mempraktikan suatu teori dalam matematika maupun di luar matematika (kehidupan sehari-hari). Selain itu, guru dan siswa melakukan refleksi terhadap pembelajaran yang telah dilakukan. Pembelajaran yang dapat mengakomodasi kegiatan-kegiatan siswa tersebut adalah pembelajaran matematika Concept-Rich yang memuat lima komponen yaitu: 1. Practice, 2. Decontextualization, 3. Encapsulating a generalization in words, 4.Recontextualixation, dan 5. Realization

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Mathematics Education
Depositing User: 021 Nanik Rahmawati
Date Deposited: 03 Apr 2014 14:38
Last Modified: 03 Apr 2014 14:38
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/7188

Actions (login required)

View Item View Item