UPAYA PENINGKATAN PROSES BELAJAR MAHASISWA PADA MATA KULIAH STRUKTUR ALJABAR I MELALUI PENDEKATAN TEORI APOS BERBASIS KOMPUTER,

Mayasari, Zulfia Memi (2014) UPAYA PENINGKATAN PROSES BELAJAR MAHASISWA PADA MATA KULIAH STRUKTUR ALJABAR I MELALUI PENDEKATAN TEORI APOS BERBASIS KOMPUTER,. Gardien, 6 (2). pp. 580-584. ISSN 0216-2393

[img]
Preview
Text (Article)
Jurnal Gradien Vol 6 No 2 Juli 2010 ok.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan proses pembelajaran Strukhur Aljabar I melalui metode pembelajaran berdasarkan persfektifteori APOS dengan berbantuan komputer menggunakan software ISETL. Dasar pemikiran dari kegiatan ini adalah memahami konsep matematika perlu dimulai dengan objek yang nyata atau melakukan suatu manipulasi kontruksi mental yang pernah dialami untuk membentuk tindakan-tindakan kemudian direfleksikan atau direnungkan dan diresapi untuk meniadi proses yang kemudian dikristalkan membentuk objek selanjutnya objek dapat diurai kembali menjadi proses dan selanjutnya menjadi tindakan. Secara umum perkuliahan direncanakan dan dilaksanakan sebagai berikut: 1) (Action) Mahasiswa mengerjakan tugas membuat progam komputer (praktikum) tentang materi yang belum diajarkan 2) (Process) Setelah praktikum mahasiswa diberi tugas berkaitan dengan konsep yang telah dikontruksi setelah praktikum. (tugas tertulis, bukan program). 3) (Object) pada pertemuan berikutnya (di kelas), mahasiswa diajak bersama-sama memperhatikan hasil praktikum dan tugas setelah praktikum 4). Actiont, Process, Object dapal diuraikan dan diatur kembali menjadi schema.

Item Type: Article
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions: Faculty of Math & Natural Science > Journal
Depositing User: 021 Nanik Rahmawati
Date Deposited: 03 Apr 2014 15:52
Last Modified: 03 Apr 2014 15:52
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/7197

Actions (login required)

View Item View Item