MENUJU TAHAP KESEIMBANGAN (EKUILIBRIUM) SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA SMP

Haji, Saleh (2014) MENUJU TAHAP KESEIMBANGAN (EKUILIBRIUM) SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA SMP. In: SEMIRATA KE-21 Badan Kerjasama PTN Wilayah Barat Bidang Ilmu MIPA, 13-14 Mei 2008, Universitas Bengkulu.

[img]
Preview
Text (Proceding)
B20_SALEH HAJI_SEMNAS TDK BERPROSIDING_UNIB_2008.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (4MB) | Preview

Abstract

Unsur yang terpenting dalam proses pembelajaran adalah terjadinya keseimbangan dalam diri siswa ketika memperoleh informasi baru. Guru sebagai pemberi informasi di kelas harus memperhatikan tahapan perkembangan anak agar ketidakseimbangan tidak berlangsung lama dalam diri siswa. Makalah ini membahas tentang teori-teori belajar dan model pembelajaran yang berkaitan dengan kemampuan awal siswa, pembelajaran bermakna, dan pembelajaran yang membuat siswa aktif. Teori belajar yang dibahas adalah teori Piaget, David Ausubel, dan Vygotsky. Sedangkan model pembelajaran yang dibahas disesuaikan dengan ketiga teori belajar tersebut yaitu pembelajaran kooperatif, penemuan terbimbing, dan pembelajaran konstruktivisme.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Mathematics Education
Depositing User: 021 Nanik Rahmawati
Date Deposited: 08 Apr 2014 10:05
Last Modified: 08 Apr 2014 10:05
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/7338

Actions (login required)

View Item View Item