PARENTING SKILL ORANG TUA TERHADAP ANAK TUNA GRAHITA (Study Kasus pada Anak Tuna Grahita di Forum Komunikasi Keluarga Anak Dengan Kecacatan (FKKADK) Kota Bengkulu)

Antoni, Antoni and Cucu, Syamsudin and Yesilia , Osira (2013) PARENTING SKILL ORANG TUA TERHADAP ANAK TUNA GRAHITA (Study Kasus pada Anak Tuna Grahita di Forum Komunikasi Keluarga Anak Dengan Kecacatan (FKKADK) Kota Bengkulu). Undergraduated thesis, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik UNIB.

[img] Text (Thesis)
I,II,III,1-13-ant-FS.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)
[img] Text (Thesis)
IV,V,VI,LAMP,1-13-ant-FS.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Bagaimana Parenting Skill Orang Tua terhadap anak tuna grahita yang berada di Forum Komunikasi Keluarga Anak Dengan Kecacatan (FKKADK) Kota Bengkulu . Metode analisis yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif purposif sampling (sampel bertujuan), sedangkan Metode pengambilan data dilakukan melalui observasi, wawancara mendalam dan studi kepustakaan. Penelitian ini dilaksanakan mulai Bulan Juli 2012 sampai dengan September 2012, proses penelitian ini dilakukan langsung ke masing-masing informan yaitu 7 orang tua yang memiliki anak tuna grahita. Hasil penelitian, diketahui bahwa parenting skill yang dilakukan orang tua terhadap anak tuna grahita mengacu pada 6 indikator parenting skill belum sepenuhnya dapat dilakukan oleh orang tua yang memiliki anak tuna grahita, parenting skill yang dapat dilakukan oleh orang tua adalah melakukan kerjasama dan memberikan sentuhan kepada anak, sedangkan 4 indikator yang lain belum dapat dilakukan. Faktor yang menyebabkan hal tersebut adalah kondisi pendidikan orang tua anak tuna grahita sangat rendah dan ekonomi keluarga yang berada pada level ekonomi lemah. Rekomendasi (1) Kepada orang tua anak tuna grahita untuk dapat lebih memperhatikan anaknya yang mengalami tuna grahita dengan menerapkan parenting skill yang mengacu pada 6 indikator parenting skill yang harus dilakukan terhadap anak tuna grahita (2) FKKADK untuk dapat meningkatkan program yang mengarah pada peningkatan pengetahuan orang tua dalam mengasuh anak tuna grahita melalui kegiatan pelatihan, seminar, diskusi dan lain sebagainya (3) Kepada pemerintah untuk dapat mengembangkan program-program pelayanan terhadap anak tuna grahita dengan meningkatkan kemitraan dengan lembaga-lembaga sosial pemerintah lainya sperti Dinas Sosial dan lembaga non pemerintah seperti Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) dalam hal penanganan anak tuna grahita (4) Kepada Masyarakat untuk dapat berpartisipasi dalam peningkatan kemampuan anak tuna grahita dengan menghilangkan anggapan bahwa anak tuna grahita tidak berguna dalam masyarakat .

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Social & Politics Science > Department of Social Welfare
Depositing User: 001 Bambang Gonggo Murcitro
Date Deposited: 03 Oct 2013 15:26
Last Modified: 03 Oct 2013 15:26
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/735

Actions (login required)

View Item View Item