Chanafiah, Yayah (2014) KENDALA MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA SASTRA INDONESIA DAN DAERAH FKIP UNIB DALAM PEMBELAJARAN SASTRA KAITANNYA DALAM PENJAMINAN MUTU PENDIDIKAN BAHASA. In: SEMIRATA III BKS-PTN WILAYAH INDONESIA BARAT, 18-20 Juli 2007, Jakarta .
|
Archive (Proceeding)
B1.ok.pdf - Bibliography Available under License Creative Commons GNU GPL (Software). Download (16MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kendala yang dihadapi mahasiswa program studi pendidikan Bahasa sasta Indonesia dan daerah, FKIP UNIB dalam pembelajaran sasffi- Dengan diketahuinya kendala-kendala tersebut maka dapat dirumuskan altenatif pemecahannya dalam rangka penjaminan mutu pendidikan bahasa. Untuk itu metode yang digunakan adalah kuantitatif dan kualitatif dengan penyajian secara deskriptif. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa prograrn studi pendidikan Bahasa Sastra lndonesia dan Daerah FKIP UNIB yang telatr dan sedang menempuh mata kuliah apresiasi sastra, seperti apresiasi puisi, prosa fiksi dan drama. Dengan demikian, sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Dalam pengambilan data digunakan angket dan wawancara Hasil penelitian menyimpulkan bahwa mahasiswa program studi pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah mengalami banyak kendala dalam pengajaran sastra Kendala-kendala tersebut menyangkut aspek metode yang kurang variatif digunakan dosen; kurangnya sumber bacaan pengajaran sastrq, dan kurangnya media pengajaran sastra yang digunakan dosen. Di samping itu, kendala juga muncul dari did mahasiswa sendiri, mencakup penguasaan materi sastra dan keterbatasan bacaan yang dibaca
Item Type: | Conference or Workshop Item (Paper) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Indonesian Language and Literature Education |
Depositing User: | 021 Nanik Rachmawati |
Date Deposited: | 11 Apr 2014 15:15 |
Last Modified: | 11 Apr 2014 15:15 |
URI: | http://repository.unib.ac.id/id/eprint/7533 |
Actions (login required)
View Item |