Valen, Panji Alan and Khairil, Buldani and Yuliati, Yuliati (2013) STRATEGI VIRAL MARKETING BAND INDIE THE STEAL UNDERWEAR DAN MEDIUM BAND. Undergraduated thesis, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik UNIB.
Text (Thesis)
I,II,III,1-13-pan-FS.pdf - Bibliography Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons GNU GPL (Software). Download (14MB) |
|
Text (Thesis)
IV,V,VI,LAMP,1-13-pan-FS.pdf - Bibliography Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons GNU GPL (Software). Download (14MB) |
Abstract
Musik merupakan bahasa universal, karena dengan musik insan manusia dapat saling berkomunikasi hingga menyentuh segala lapisan masyarakat. Para pelaku seni seperti halnya musisi saat ini telah berperan layaknya seorang pelaku pemasaran dalam kegiatan komunikasi pemasaran. Disamping itu perkembangan teknologi komunikasi (era digital) melalui media internet, turut memudahkan musisi untuk menyampaikan hasil karya bermusik mereka kepada para penikmat musik didalam negeri bahkan diluar negeri. Dalam komunikasi pemasaran dengan adanya perkembangan teknologi komunikasi (era digital), memunculkan suatu strategi pemasaran yakni, strategi viral marketing. Strategi viral marketing merupakan teknik pemasaran yang menjadikan seseorang secara suka rela menyampaikan pesan pemasaran kepada orang lain, serta teknik pemasaran yang menjembatani terjadinya word of mouth marketing. Skripsi ini mencoba untuk mendeskripsikan bagaimana strategi viral marketing grup band indie The Steal Underwear dan Medium Band sebagai objek penelitian, dengan melihat pemanfaatan saluran media berupa website dan jejaring sosial, serta adanya keterlibatan dari penikmat musik sebagai bentuk strategi viral marketing. Skripsi ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskripstif dan menggunakan observasi serta wawancara mendalam. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara konseptual ataupun cara kerja dilapangan telah banyak dipengaruhi strategi viral marketing dalam kegiatan promosi, akan tetapi secara representasi banyak yang tidak menyadari telah bersentuhan dengan strategi viral marketing. Hasil penelitian skripsi ini juga dituangkan setelah dilakukan perbandingan hasil observasi dan wawancara mendalam, serta juga melihat dari dokumen yang berkaitan dengan strategi viral marketing dalam kegiatan promosi grup band indie The Steal Underwear dan Medium Band.
Item Type: | Thesis (Undergraduated) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | Faculty of Social & Politics Science > Department of Communication |
Depositing User: | 001 Bambang Gonggo Murcitro |
Date Deposited: | 06 Oct 2013 12:27 |
Last Modified: | 06 Oct 2013 12:27 |
URI: | http://repository.unib.ac.id/id/eprint/793 |
Actions (login required)
View Item |