PENGARUH IKLAN SUNLIGHT di MEDIA TELEVISI TERHADAP SIKAP IBU-IBU MENGENAI PRODUK SUNLIGHT(Studi Pada Ibu-ibu di Desa Padang Jaya Kecamatan Padang Jaya Bengkulu Utara)

LS, Yosiska Ayumita and Lely, Arrianie and Khairil, Buldani (2013) PENGARUH IKLAN SUNLIGHT di MEDIA TELEVISI TERHADAP SIKAP IBU-IBU MENGENAI PRODUK SUNLIGHT(Studi Pada Ibu-ibu di Desa Padang Jaya Kecamatan Padang Jaya Bengkulu Utara). Undergraduated thesis, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik UNIB.

[img] Text (Thesis)
I,II,III,1-13-yos-FS.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (4MB)
[img] Text (Thesis)
IV,V,VI,LAMP,1-13-yos-FS.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (4MB)

Abstract

Iklan merupakan salah satu promosi yang digunakan sebagian besar produsen untuk menarik perhatian masyarakat akan suatu produk yang ditayangkan. Keterlibatan iklan sebagai sarana penyebaran informasi pun kini semakin meluas dengan iklan produk yang ditawarkan pun mudah dikenali oleh khalayak ramai karena selain memiliki daya tarik tersendiri iklan juga banyak disaksikan oleh setiap masyarakat selain itu tingkat keseringan dalam penayangan suatu produk pun terbilang tinggi. Banyak masyarakat yang mengetahui suatu produk melalui tayangan iklan. Suatu produk akan memiliki nilai dimata masyarakat jika produk tersebut diiklankan di televisi maupun media massa lainnya. Sehingga iklan pun kini termasuk dalam kategori dalam penentuan sikap konsumen dalam memilih produk yang akan digunakan. Sikap dapat dilihat melalui tiga komponen yaitu kognitif, konatif, dan afektif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah pengaruh Iklan Sunlight di Media Televisi terhadap Sikap ibu-ibu mengenai produk Sunlight. Teknik penarikan sampel menggunakan one-stage random sampling dengan jumlah sampel sebanyak 150 responden. Data dikumpulkan melalui kuesioner . Data diperoleh dianalisis secara statistic dengan menggunakan Regresi Linear Sederhana. Pengujian hipotesis dilakukan pada taraf keyakinan 95% dan dari hasil uji t ternyata t hitung keseluruhan lebih besar dari t tabel yaitu t hitung = 6,765 > t =1,976. Hal ini menyatakan bahwa Hipotesis Nol (Ho) ditolak dan Hipotesis Alternatif (Ha) diterima. Dapat disimpulkan ada pengaruh antara tayangan iklan sunlight di media televisi terhadap sikap ibu-ibu mengenai produk sunlight di desa Padang Jaya. Teori yang digunakan dalam penelitian ini terbukti dan menunjukkan bahwa rangsangan berupa iklan sabunpencuci piring Sunlight yang diberikan kepada komunikan (dalam penelitian ini adalah Ibu-ibu rumh tangga di desa Padang Jaya) menghasilkan sebuah respon berupa sikap dalam menggunakan sabun sunlight.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Social & Politics Science > Department of Communication
Depositing User: 001 Bambang Gonggo Murcitro
Date Deposited: 06 Oct 2013 16:36
Last Modified: 06 Oct 2013 16:36
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/798

Actions (login required)

View Item View Item