PEMANFAATAN CERITA RAKYAT (FOLKLORE) DALAM PENGAJARAN BAHASA INGGRIS

Damayanti, Indah (2014) PEMANFAATAN CERITA RAKYAT (FOLKLORE) DALAM PENGAJARAN BAHASA INGGRIS. In: Seminar Nasional Pengajaran Bahasa dalam Perspektif Lintas Budaya, 19 Mei 2014, Depok.

[img]
Preview
Archive (Proceeding)
Indah D_Full ok.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB) | Preview

Abstract

Cerita rakyat (folklore) merupakan cerita lisan yang telah lama hidup dalam tradisi suatu masyarakat. Cerita rakyat berkembang dan menyebar secara lisan dari satu generasi kegenerasi berikutnya dalam suatu masyarakat. Cerita rakyat dapat menjadi pilihan dalam pendekatan pengajaran bahasa Inggris karena struktur bahasa yang digunakan sangat sederhana dan mudah dimengerti. Pembahasan utama dari makalah ini adalah daya tarik penggunaan cerita rakyat bagi siswa dibandingkan dengan materi noncerita. Hasil analisa dari proses pengalaman mengajar bahasa Inggris selama kurang lebih sepuluh tahun menunjukkan bahwa pembelajaran bahasa Inggris membutuhkan bahan ajar yang lebih interakatif, seperti pemanfaatan cerita rakyat, puisi, dan cerita pendek sebagai bahan ajar. Sisi penting dari makalah ini adalah dapat menjawab pertanyaan mengenai keunggulan dan kelemahan dalam pemanfaatan cerita rakyat sebagai bahan ajar, dan tentang ketertarikan siswa terhadap cerita tradisional dibandingkan dengan pengajaran secara konvensional. Pertanyaan lain yang dibahas adalah apakah pemanfaatan cerita rakyat menempati posisi penting dalam pengajaran bahasa Inggris atau merupakan pelengkap pengajaran saja. Perhatian siswa terhadap nilai-nilai budaya yang ada dalam cerita tradisi lisan tersebut juga dianalisa.

Item Type: Conference or Workshop Item (Lecture)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Indonesian Language and Literature Education
Depositing User: 023 Dody Sahdani
Date Deposited: 08 Jul 2014 12:11
Last Modified: 08 Jul 2014 12:11
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/8022

Actions (login required)

View Item View Item