PEMETAAN GURU BERDASARKAN KEBUTUHAN,KUALIFIKASI PENDIDIKAN, DAN BIDANG PENGAJARAN GURU SMP DI KOTA BENGKULU

Somantri, Manap and Juwita , Puspa (2014) PEMETAAN GURU BERDASARKAN KEBUTUHAN,KUALIFIKASI PENDIDIKAN, DAN BIDANG PENGAJARAN GURU SMP DI KOTA BENGKULU. Project Report. FAKULTAS MAGISTER MANAJEMEN PENDIDIKAN UNIVERSITAS BENGKULU, Universitas Bengkulu.

[img]
Preview
Archive (Monograph)
B2 Pemetaan Guru Ok.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskrpsikan kebutuhan guru berdasarkan mata pelajaran pokok pada kurikulum yang berlaku dan jumlah rombongan belajar; dan (2) merekomendasikan tindak lanjut atas dasar hasil penelitian tentang pemetaan guru berdasarkan mata pelajaran pada jenjang sekolah menengah pertama di kota Bengkulu. Secara umum penelitian ini menyimpulkan bahwa pada SMP di kota Bengkulu pada umumnya terdapat kelebihan guru, terutama untuk mata pelajaran IPS, Bahasa Indonesia, PPKN, IPA, Matematika, dan Pendidikan Agama Islam. Kelebihan guru tersebut antara lain disebabkan oleh adanya perubahan muatan kurikulum yang semula untuk IPS dialokasikan 4 jam pelajaran menjadi 2 Jam pelajaran. Selain itu, juga disebabkan oleh adanya guru pindahan yang menyatakan kesediaan untuk mengajar bidang studi IPS walaupun latar belakang pendidikannya tidak relevan dengan kebutuhan sekolah setempat. Kelebihan guru pada mata pelajaran Bahasa Indonesia, disebabkan oleh tersedianya alumni dari berbagai lembaga pendidik tenaga kependidikan yang ada pada beberapa perguruan tinggi di Bengkulu. Kasus serupa terjadi pada mata pelajaran IPA PPKN, Pendidikan Matematika, dan Pendidikan Agama Islam. Kelebihan guru harus segera diatasi dengan jalan memutasikan guru ke sekolah-sekolah yang kekurangan guru sesuai dengan bidang-bidang yang terlebih. Hindari pengangkatan guru baru dan mutasi untuk bidang-bidang yang lebih, gunakan dan kembangkan keahlian minor untuk menjadi bidang keahlian major melalui berbagai strategi pengembangan kompetensi guru. Kekurangan guru tertentu dapat diatasi dengan jalam memberikan penguatan bidang-bidang khusus kepada guru yang lebih. Adakan percepatan pensiun bagi mereka yang tidak ada relevansinya dengan latar belakang pendidikan ataupun mutasi ke bidang lain yang membutuhkan bidang keahliannya, dengan menempuh pendidikan dan pelatihan khusus untuk penyesuaian dengan bidang ugas barunya

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Indonesian Language and Literature Education
Depositing User: 022 Gofar Ismail
Date Deposited: 17 Jul 2014 08:42
Last Modified: 17 Jul 2014 08:42
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/8046

Actions (login required)

View Item View Item