PEMETAAN KOMPETENSI KEPALA SEKOLAH DAN PENGEMBANGAN PROFESIONAISME GURU SECARA BERKELANJUTAN

Manap, Somantri (2014) PEMETAAN KOMPETENSI KEPALA SEKOLAH DAN PENGEMBANGAN PROFESIONAISME GURU SECARA BERKELANJUTAN. Project Report. FKIP Universitas Bengkulu, Bengkulu.

[img]
Preview
Archive (Monograph)
B9 Manap, 2011 - MAKALAH SIMPOSIUM LITJAKPEN - Manap Somantri.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (571kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan peta kompetensi kepala sekolah dan merekomendasikan tindakan dalam rangka pengembangan kompetensi kepala sekolah secara berkelanjutan. Penelitian dilaksanakan atas kesepakatan kerjasama antara Lembaga Penelitian Universitas Bengkulu sebagai pengembang dengan LPMP Bengkulu sebagai provider diklat pengembangan kompetensi guru, kepala sekolah, dan pengawas sekolah. Intsrumen pemetaan kompetensi digunakan sebagai alat menentukan tingkat penguasaan kompetensi, baik secara individu maupun kelompok. Oleh sebab itu, bersikap jujur dan mengisi apa adanya akan lebih bermakna jika dibadingkan dengan mengisi instrumen untuk mendapat skor tinggi. Sebelum mengisi instrumen pemetaan kompetensi, kepala sekolah mengisi instrumen pra-kondisi atas promosi meraka menjadi kepala sekolah. Peneliti menyimpulkan bahwa sebagian besar kepala sekolah diangkat sesuai ketentuan, dan sebagian kecil prosedur pengangkatannya kurang sesuai standar dan tidak berdasarkan kriteria. Secara umum kepala sekolah meragukan kepastian masa jabatannya, mereka berpendapat bahwa jabatan kepala sekolah dapat “diberhentikan” setap saat. Kepala SMP di Bengkulu secara umum tergolong kompeten. Kondisi ini merata pada semua dimensi di semua wilayah sampel. Namun jika dicermati kebih seksama, kompetensi sosial dan kompetensi kewirausahaan berada dalam tarap yang rendah tingkat pencapaiannya, yaitu “terkadang kompeten”. Kompetensi kepribadian kepala sekolah tergolong konsisten. Sedangkan kompetensi supervisi dan kompetensi manajerial kepala sekolah tegolong kompeten.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Indonesian Language and Literature Education
Depositing User: 023 Dody Sahdani
Date Deposited: 17 Jul 2014 09:24
Last Modified: 17 Jul 2014 09:24
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/8052

Actions (login required)

View Item View Item