PENGUATAN KOMPETENSI KEPALA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP) NEGERI DI PROVINSI BENGKULU

Syalfinaf , Manaf and Hartuti, Pudji and Juwita , Puspa and Komarudin, Komarudin and Al Farizi, Muzanip (2014) PENGUATAN KOMPETENSI KEPALA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP) NEGERI DI PROVINSI BENGKULU. Project Report. Lembaga Penelitian dan Pengembangan Universitas Bengkulu, Universitas Bengkulu.

[img]
Preview
Text (Monograph)
B4 Manap, 2011 - PENELITIAN PENGUATAN KOMPETENSI KEPSEK-2.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian tentang penguatan kompetensi kepala sekolah merupakan lanjutan dari penelitian tahun pertama tentang pemetaan kompetensi kepala sekolah. Berdasarkan peta kompetensi kepala sekolah tersebut peneliti memilih materi/bahan, melaksanakan pendidikan dan pelatihan yang sesuai dengan kebutuhan kepala sekolah dalam mengembangkan kompetensi yang masih lemah, baik secara individu maupun secara kelompok. Penelitian ini bertujuan untuk mengadakan penguatan kompetensi kepala SMP di Provinsi Bengkulu. Peta kompetensi dijadikan sebagai dasar untuk pembinaan dan peningkatan kompetensi kepala sekolah, menyiapkan silabus dan bahan yang diperlukan untuk mengadakan pelatihan penguatan kompetensi kepala sekolah, Metode yang digunakan dalam mencapai tujuan tersebut adalah dengan jalan mengadakan pendidikan dan pelatihan kompetensi kepala sekolah secara berkelanjutan. Kepala sekolah dikelompokkan menurut tingkat penguasaan masing-masing kompetensi, menyusun prioritas pelatihan berdasarkan tingkat penguasaan kompetensi dari kelima kompetensi yang harus dikuasai kepala sekolah. Diklat dilaksanakan dengan dua pendekatan, yaitu Diklat berkelompok dengan memanfaatkan forum MKKS, dilaksanakan untuk meningkatkan komepetensi kepala sekolah dimana kelemahannya dialami banyak orang. Selain itu, dilaksanakan juga Diklat individual, yang digunakan untuk penguatan kompetensi yang kelemahannya bersifat individu dan diklatnya dapat dilakukan secara individu. Materi diklat meliputi lima dimensi kompetensi kepala sekolah, dengan proritas pada kompetensi manajerial, khususnya fokus pada materi EDS (evaluasi diri sekolah) dan penilaian kinerja guru. Hasil Diklat yang dilaksanakan dalam kerangka penelitian ini dan didukung oleh kegiatan MKKS serta arahan dan pendanaan dari LPMP, kegiatan ini cukup sinergis dalam rangka meningkatkan kompetensi kepala sekolah. Dari semua dimensi kompetensi yang dilatih dan evaluasi semua menunjukkan perbaikan. Mereka tahu apa kekurangannya dan mereka berusaha untuk megatasi kelemahannya, seraya menghadirkan bukti dan dokumen pendukungnya. Luaran penelitian selain laporan penelitian ini antara lain berupa: (1) Silabus materi diklat penguatan kompetensi secara berkelanjutan; (2) Buku panduan diklat penguatan kompetensi kepala sekolah; dan (3) Artikel publikasi ilmiah.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Indonesian Language and Literature Education
Depositing User: 022 Gofar Ismail
Date Deposited: 17 Jul 2014 09:41
Last Modified: 17 Jul 2014 09:41
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/8054

Actions (login required)

View Item View Item