PENGEMBANGAN MODEL MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH YANG LEBIH MENGEDEPANKAN PELIBATAN PARTISIPASI MASYARAKAT UNTUK IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 DI BENGKULU

Manap, Somantri (2014) PENGEMBANGAN MODEL MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH YANG LEBIH MENGEDEPANKAN PELIBATAN PARTISIPASI MASYARAKAT UNTUK IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 DI BENGKULU. Project Report. FKIP Universitas Bengkulu, Bengkulu.

[img]
Preview
Archive (Monograph)
B7 Manap, 2013 - PENELITIAN PENGEMBANGAN MBS.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (628kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan model manajemen berbasis sekolah yang lebih mengedepankan pelibatan partisipasi masyarakat dalam rangka implementtasi kurikulum 2013 di Bengkulu. Penelitian tahun-1 ditujukan untuk mendeskripsikan faktor ekonomi, sosial, dan budaya masyarakat yang potensial berkontribusi terhadap pelaksanaan program sekolah. Berdasarkan data ekonomi, sosial, dan budaya tersebut maka pada tahun ke-2 peneliti akan memberikan penguatan pelibatan partisipasi masyarakat guna memberikan dukungan terhadap implementasi program sekolah, mengajak masyarakat untuk mengidentifikasi apa yang dapat mereka sumbangkan untuk kepentingan pendidikan di sekolah, dan sekolah menemukan cara yang tepat untuk meningkatkan partisipasi masyarakat. Pendekatan yang digunakan dalam mencapai tujuan tersebut antara lain dengan jalan: (1) menetapkan sekolah yang relevan dengan masalah dan bersedia menjadi subjek penelitian; (2) mengidentifikasi faktor ekonomi, sosial dan budaya masyarakat yang berpeluang memberikan kontribusi dalam pelaksanaan program sekolah; dan (3) memberikan penguatan terhadap komite sekolah agar dapat meningkatkan partisipasi masyarakat guna mendukung implementasi kurikulum 2013. Luaran penelitian tahun-1 antara lain berupa: (1) tersusun instrumen identifikasi potensi sekolah dan faktor ekonomi, sosial, dan budaya masyarakat yang potensial memberikan kontribusi pada pelaksanaan program sekolah; (2) deskripsi potensi sekolah yang dapat digunakan sebagai media pelibatan partisipasi masyarakat; (3) deskripsi faktor ekonomi, sosial, dan budaya masyarakat yang potensial memberikan kontribusi pada pelaksanaan program sekolah; dan (4) tersusun standar prosedur pelibatan partisipasi masyarakat dalam implementasi program sekolah. Semua hasil tesebut disajikan dalam (A) Laporan Penelitian; (B) Poster; (C) Makalah Seminar Internasional; (D) Proposal Penelitian Tahun-2.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Indonesian Language and Literature Education
Depositing User: 023 Dody Sahdani
Date Deposited: 17 Jul 2014 09:43
Last Modified: 17 Jul 2014 09:43
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/8055

Actions (login required)

View Item View Item