IDENTIFIKASI POTENSI PARTISIPASI MASYARAKAT DALAM PENINGKATAN SARANA PEMBELAJARAN DI SMPN 1 SINDANG KELINGI KABUPATEN REJANG LEBONG

Manap, Somantri (2014) IDENTIFIKASI POTENSI PARTISIPASI MASYARAKAT DALAM PENINGKATAN SARANA PEMBELAJARAN DI SMPN 1 SINDANG KELINGI KABUPATEN REJANG LEBONG. Project Report. FKIP Universitas Bengkulu, Bengkulu.

[img]
Preview
Archive (Monograph)
B6 Manap, 2013 - PENELITIAN IDENTIFIKASI POTENSI PARTISIPASI MASYARAKAT.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (842kB) | Preview

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengidentifikasi potensi partisipasi masyarakat dalam rangka meningkatkan sarana pembelajaran di SMP Negeri 1 Sindang Kelingi, Kabupaten Rejang Lebong. Penelitian tentang identifikasi potensi partisipasi masyarakat dilakukan terhadap keterlaksanaan program peningkatan sarana pendidikan di SMP Negeri 1 Sindang Kelingi, Kabupaten Rejang Lebong, dimulai dengan memahami (1) program partisipasi masyarakat, (2) argumentasi program, 3) mensosialisasikan program, (4) membangun kebersamaan dalam merencanakan, menyepakati, melaksanakan, dan mengawasi pelaksanaan program; serta (5) mengevaluasi keberhasilan pelaksanaan program partisipasi masyarakat. Penelitian dikemas dengan pendekatan penelitian dan pengembangan (research and development), telah berhasil mendeskripsikan (1) kondisi sosialekonomi, serta budaya masyarakat dan kontribusinya guna mendukung implementasi program sekolah; (2) potensi partisipasi masyarakat dalam mengimplementasikan program sekolah dengan menggunakan pendekatan focus group discussion; dan (3) telah berhasil mengembangkan model penguatan partisipasi masyakat dalam meningkatkan sarana pembelajaran di SMP Negeri 1 Sindang Kelingi Kabupaten Rejang. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan di atas dapat disimpulkan bahwa masyarakat pada umumnya siap untuk membantu memajukan sekolah, dengan prasarat sekolah mesti melibatkan masyarakat pada saat perencanaan, pelaksanaan, dan pengawasan kegiatan. Sekolah yang memperhatikan aspirasi masyarakat cenderung mendapat dukungan yang memdai dan dukungan program lanjutan. Tingkat sosial-ekonomi yang tinggi tidak menjamin partisipasi masyarakat jadi baik, Page | 2 sebaliknya meskipun berasal dari keluarga miskin ternyata dapat memberi dukungan yang berarti, manakala mereka dilibatkan dalam proses perencanaan, pelaksanaan, dan hasil evaluasi. Keberhasilan pelaksnaan fokcus group discussion dalam pengelolaan partisipasi masayarakat di sekolah sampel menjadi alasan utama untuk merekomendasikan bahwa perlu pendampingan penguatan pembinaan kompetensi managerial kepala sekolah dan penguatan pelibatan partisipasi bagi komite sekolah.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Indonesian Language and Literature Education
Depositing User: 023 Dody Sahdani
Date Deposited: 17 Jul 2014 09:52
Last Modified: 17 Jul 2014 09:52
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/8057

Actions (login required)

View Item View Item