PENGARUH PERIKLANAN DAN PROMOSI PENJUALAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN DI SUPERMARKET HYPERMART BENGKULU

Purwanto, Bambang and Hayu, Rina Suthia (2014) PENGARUH PERIKLANAN DAN PROMOSI PENJUALAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN DI SUPERMARKET HYPERMART BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img]
Preview
Archive (Thesis)
I,II,III,II-14-bam.FE.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Archive (Thesis)
IV,V,LAMP,II-14-bam.FE.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan di retail supermarket Hypermart Bengkulu, dengan objek yang diteliti adalah konsumen pada retail tersebut. Judul yang di angkat adalah “ Pengaruh periklanan Dan Promosi Penjualan Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Di Supermarket Hypermart Bengkulu”. Menurut Dunn & Barban (1986) Periklanan adalah komunikasi non-personal melalui beragam media yang dibayar oleh perusahaan, organisasi non-profit dan individu-individu dengan menggunakan pesan iklan yang di harapkan dapat menginformasikan atau membujuk kalangan tertentu yang membaca pesan tersebut. Sedangkan promosi Menurut William, Jr (1996:294), dalam buku "Dasar-dasar Pemasaran”, adalah keinginan mengkomunikasikan informasi dari penjual kepada pembeli atau pihak lain dalam saluran untuk mempengaruhi sikap dan perilaku. Untuk mencapai tujuan penelitian dan membuktikan hipotesis maka penulis melakukan penelitian di retail supermarket Hypermart Bengkulu, dengan jumlah sampel yang di ambil 80 responden. Data yang di gunakan yaitu data primer dan data di kumpulkan dengan metode studi lapangan. Sedangkan dalam pengukuran skala di gunakan skala likert 5 point. Kemudian data tersebut di analisa secara kuantitatif dengan alat analisa Regresi Linier Berganda namun sebelumnya di lakukan Uji Validitas (Kesahihan) dan Uji Reliabilitas (Kehandalan). Dari hasil analisis maka di peroleh Y= 7,771 + 0.237X1 + 0,723X2. Hipotesis pada penelitian ini dapat di buktikan dari pengujian hipotesis, di mana F hitung > F tabel dan t hitung > t tabel. F hitung 211,865 dengan tingkat kepercayaan 95 % atau α = 0,05 dengan derajat kebebasan (k-1)(n-k) maka F tabel adalah 3,12 sehingga F hitung > F tabel. Nilai t hitung untuk masing-masing variabel yaitu t hitung untuk periklanan (X1) = 5,614 dan t hitung promosi penjualan (X2) = 12,800. Nilai t hitung > t tabel sehingga Ha di terima. Dalam penelitian ini dapat di simpulkan bahwa variabel periklanan dan promosi penjualan secara simultan maupun parsial dapat mempengaruhi keputusan pembelian konsumen di supermarket Hypermart Bengkulu.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Economy > Department of Management
Depositing User: 023 Dody Sahdani
Date Deposited: 28 Aug 2014 15:32
Last Modified: 28 Aug 2014 15:32
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/8112

Actions (login required)

View Item View Item