Andriyani , Dewi and Soengkono, Soengkono (2014) PENGARUH FAKTOR KEAMANAN, PENGETAHUAN TEKNOLOGI INTERNET, KUALITAS LAYANAN DAN PERSEPSI RESIKO TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MELALUI SITUS JEJARING SOSIAL. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.
|
Archive (Thesis)
I,II,III,II-14-dew.FE.pdf - Bibliography Available under License Creative Commons GNU GPL (Software). Download (3MB) | Preview |
|
|
Archive (Thesis)
IV,V,LAMP,II-14-dew.FE.pdf - Bibliography Available under License Creative Commons GNU GPL (Software). Download (3MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh timbulnya fenomena belanja online baik melalui online shop ataupun dari jejaring sosial. Menurut situs www.internetworldstats.com, Indonesia sebagai negara urutan keempat terbanyak sebagai pengguna internet, dimana pada akhir bulan Juni 2012 diketahui jumlah pengguna internet sebesar 55.000.000 jiwa dan jumlah pengguna facebook di akhir bulan Desember 2012 sebesar 51.096.860 jiwa, dengan jumlah pengguna sebesar 5.1% dari pengguna di Asia. Hal ini mungkin dikarenakan oleh jumlah pengguna yang cukup besar di Indonesia. Sehingga masyarakat Indonesia memiliki keinginan yang sangat besar untuk melakukan pembelian secara online. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis variabel-variabel yang menjadi faktor-faktor keputusan pembelian secara online di jejaring sosial facebook terhadap mahasiswa di Kota Bengkulu. Dalam penelitian ini jumlah responden yang diambil untuk mewakili mahasiswa sebanysk 130 mahasiswa, yang diperoleh dengan menggunakan teknik snawball sampling. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer yang diperoleh melalui penyebaran kuesioner. Jumlah variabel yang di teliti adalah 4 variabel dengan 25 indikator dan alat analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda. Data yang diperoleh diolah dengan bantuan microsoft office excel dan software SPSS versi 16. Berdasarkan hasil penelitian dan pengujian dari 4 variabel yang di analisis dengan model regresi linier berganda terhadap faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan mahasiswa melakukan pembelian secara online disimpulkan bahwa : 1. Keputusan pembelian melalui situs jejaring sosial dipengaruhi oleh faktor Keamanan dengan hasil olah kuesioner diperoleh nilai rata-rata 72.97 %, Pengetahuan Teknologi Internet 79.89 %, Kualitas Layanan 68.57 %, dan Persepsi Resiko 75.17 %. Hal ini menunjukan bahwa mahasiswa merasa setuju bahwa indikator-indikator tersebut mempengaruhi terhadap keputusan pembelian melalui situs jejaring sosial. 2. Berdasarkan pengujian hipotesis menggunakan uji F dan T diperoleh estimasi F sebesar 452.635 dengan signifikansi sebesar 0.000 dan nilai Thitung untuk variabel Keamanan sebesar 16.204, variabel Pengetahuan Teknologi Internet 8.929, variabel Kualitas Layanan 3.223 dan untuk Persepsi Resiko 14.132 dengan signifikansi sebesar 0.000. Hal ini berarti bahwa Ho ditolak dan Ha diterima yang menyatakan bahwa pengaruh keputusan pembelian secara online di pengaruhi oleh faktor-faktor Keamanan, Pengetahuan Teknologi Internet, Kualitas Layanan dan Persepsi Resiko. Dari hasil penelitian dan didasarkan pada kesimpulan yang ada, maka dikemukakan saran berikut : dari beberapa indikator yang diteliti ada indikator yang memiliki skor terbawah (kualitas layanan) hal tersebut perlu ada perhatian dari toko online, untuk dapat meningkatkan kualitas layanan. Karena faktor tersebut salah satu yang memiliki pengaruh yang sangat besar terhadap keputusan konsumen untuk melakukan pembelian melalui situs jejaring sosial
Item Type: | Thesis (Undergraduated) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | Faculty of Economy > Department of Management |
Depositing User: | 022 Gofar Ismail |
Date Deposited: | 29 Aug 2014 16:00 |
Last Modified: | 29 Aug 2014 16:00 |
URI: | http://repository.unib.ac.id/id/eprint/8121 |
Actions (login required)
View Item |