PERBANDINGAN HASIL BELAJAR MENGGUNAKAN METODE STAD (STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION) DENGAN METODE CERAMAH MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS XI TEKNIK KENDARAAN RINGAN (TKR) SMK NEGERI 2 KOTA BENGKULU TAHUN PELAJARAN 2013/2014

Reswari, Ardana and Hamzah, Syukri and Ariesta , Ria (2014) PERBANDINGAN HASIL BELAJAR MENGGUNAKAN METODE STAD (STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION) DENGAN METODE CERAMAH MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS XI TEKNIK KENDARAAN RINGAN (TKR) SMK NEGERI 2 KOTA BENGKULU TAHUN PELAJARAN 2013/2014. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img]
Preview
Text (Thesis)
I,II,III,II-14-ard.FK.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text (Thesis)
IV,V,LAMP,II-14-ard.FK.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar menggunakan metode STAD (Student Team Achievement Division) dengan metode ceramah pada materi pembelajaran menulis wacana argumentasi di kelas XI TKR SMKN 2 Bengkulu. Penelitian ini merupakan penelitian quasi experiment. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI TKR SMKN 2 Kota Bengkulu dan sampel penelitiannya adalah kelas XI TKR1 sebanyak 27 siswa sebagai kelompok eksperimen yang menggunakan metode STAD (Student Team Achievement Division) dan XI TKR2 sebanyak 27 siswa sebagai kelompok kontrol yang menggunakan metode ceramah. Pengujian hipotesis menggunakan uji-t. Hasil uji-t terhadap hasil tes awal diperoleh thitung ≤ ttabel (-0,33 ≤ 2,056) pada α =0,05 dengan dk =26, yang berarti tidak terdapat perbedaan sehingga dapat disimpulkan bahwa kedua kelompok berangkat dari kemampuan awal yang sama. Sedangkan hasil uji-t terhadap hasil tes akhir diperoleh thitung > ttabel (3,31 > 2,056) pada α =0,05 dengan dk =26, yang berarti hasil belajar kelompok eksperimen lebih tinggi dari kelompok kontrol yang ditunjukkan dengan hasil kelompok eksperimen thitung > ttabel (16,16 > 2,056) sedangkan kelompok kontrol thitung > ttabel (14,71 > 2,056). Oleh karena itu disarankan kepada guru untuk dapat menggunakan metode STAD (Student Team Achievement Division) dalam proses pembelajaran agar tercapai hasil belajar yang maksimal.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions: Faculty of Education > Department of Indonesian Language and Literature Education
Depositing User: 021 Nanik Rahmawati
Date Deposited: 02 Sep 2014 10:39
Last Modified: 02 Sep 2014 10:39
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/8159

Actions (login required)

View Item View Item