Kuswoyo , Endang and Fadli, Fadli (2014) ANALISIS VALUE FOR MONEY DALAM MENINGKATKAN MUTU PELAYANAN PUBLIK PADA KONI PROVINSI BENGKULU (STUDI KASUS PADA PROGRAM UPAYA PEMBINAAN ATLET). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.
|
Archive (Thesis)
I,II,III,I-14-end-FE.pdf - Bibliography Available under License Creative Commons GNU GPL (Software). Download (1MB) | Preview |
|
|
Archive (Thesis)
IV,V,LAMP,I-14-end-FE.pdf - Bibliography Available under License Creative Commons GNU GPL (Software). Download (1MB) | Preview |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis mutu Pelayanan Publik di Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) terutama pada program pembinaan atlet melalui analisis value for money. Untuk pengukuran kepuasan atlet terhadap pelayanan yang diberikan oleh KONI Provinsi Bengkulu dilakukan dengan IKM (Indek Kepuasan Masyarakat) terhadap 27 orang atlet berprestasi pada KONI Provinsi Bengkulu tahun 2012 dan untuk analisis value for moneydiukur dari segi ekonomi, efisiensi dan efektivitas, dalam penelitian ini pelaksanaan program pembinaan Atlet berprestasi pada KONI Provinsi Bengkulu sudah berjalan secara ekonomi, dan penyaluran dana sudah terealisasi seefisien mungkin, serta pelaksanaan program pembinaan sudah berjalan efektif. Dari pengolahan data diperoleh hasil Hasil indeks kepuasan atlet terhadap pelayanan yang diberikan oleh KONI Provinsi Bengkulu sebesar 1.026. Sehingga dari hasil ini menunjukkan bahwa atlet sudah merasa puas dengan pelayanan yang diberikan oleh KONI Provinsi Bengkulu karena berada pada interval 918 – 1.134. Hasil wawancara dengan salah satu petinggi KONI yaitu Ibu Apriyani menyatakan bahwa penerapan analisi value for money dari segi ekonomi sangat penting bagi KONI Provinsi Bengkulu karena dengan adanya penerpaan system ekonomi maka dapat meminimalis pengeluaran kas untuk pemenuhan keperluan para Atlet dan Pelatih sehingga dana yang digunakan bisa sehemat mungkin dengan hasil yang maksimal.Hasil pengukuran nilai efisiensi menunjukkan hasil yang sangat baik. Hal ini terlihat dari output pada setiap program yang penulis teliti, mampu menghasilkan output yang maksimal dengan input minimal atau input yang telah ditentukan. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan dapat dikemukakan saran : 1) KONI dapat memberikan pelayanan terbaik bagi atlet binaan dengan merata tanpa harus membedakan prestasi dari atlet tersebut, dan terus memberikan kenyamanan bagi atlet, karena atlet merupakan asset bangsa yang sangat berharga. 2) KONI berusaha untuk terus memenuhi target program kerja yang telah ditetapkan dengan menerapkan Standar Pelayanan Minimal, agar selain tingkat ekonomi dan efisiensi tercapai, efektivitas pun dapat ditingkatkan dengan adanya kepuasan dari atlet.
Item Type: | Thesis (Undergraduated) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | Faculty of Economy > Department of Accounting |
Depositing User: | 023 Dody Sahdani |
Date Deposited: | 02 Sep 2014 11:10 |
Last Modified: | 02 Sep 2014 11:10 |
URI: | http://repository.unib.ac.id/id/eprint/8171 |
Actions (login required)
View Item |