PENGUKURAN KINERJA DENGAN PENDEKATAN BALANCE SCORECARD PADA PT BANK DANAMON INDONESIA Tbk (DSP) CABANG BENGKULU

Wati , Reni and Martiah, Lisa (2014) PENGUKURAN KINERJA DENGAN PENDEKATAN BALANCE SCORECARD PADA PT BANK DANAMON INDONESIA Tbk (DSP) CABANG BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img]
Preview
Archive (Thesis)
IV,V,LAMP,I-14-ren-FE.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (13MB) | Preview
[img]
Preview
Archive (Thesis)
I,II,III,I-14-ren-FE.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (13MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kinerja PT Bank Danamon Indonesia Tbk (DSP) Cabang Bengkulu dengan pendekatan Balanced Scorecard periode Tahun 2008 sampai dengan Tahun 2012 berdasarkan empat perspektif yaitu Keuangan (financial), Pelanggan (customer), Proses Bisnis Internal (internal bussines process), serta Pembelajaran dan Pertumbuhan (learning and growth). Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif analisis dengan melaporkan hasil penelitian sesuai dengan fakta yang ada berdasarkan hasil analisis pengukuran kinerja perusahaan pada PT Bank Danamon (DSP) Cabang Bengkulu dengan menggunakan pendekatan pengukuran kinerja Balanced Scorecard. Pengumpulan data menggunakan data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh dari responden baik karyawan maupun nasabah PT Bank Danamon Indonesia Tbk (DSP) Cabang Bengkulu. Data sekunder diperoleh dari laporan tahunan PT Bank Danamon Indonesia Tbk (DSP) Cabang Bengkulu periode tahun 2008-2012. Sampel yang diambil berjumlah 120 Responden, diberikan kepada nasabah sebanyak 80 eksemplar dan 40 eksemplar diberikan kepada karyawan. Hasil penelitian ini memberikan bukti bahwa perspektif keuangan dapat dikatakan telah baik ditandai dengan peningkatan jumlah pendapatan, jumlah laba bersih, jumlah ekuitas, dan jumlah asset yang dimiliki. Dilihat dari rasio keuangan yang digunakan (ROE, ROA, dan BOPO), menunjukkan secara umum juga terjadi peningkatan. Pada prespektif Customers (nasabah), Nasabah merasa puas dengan pelayanan selama ini dalam hal atribut pelayanan produk perbankan, citra bank, dan hubungan dengan nasabah. Proses bisnis internal, PT Bank Danamon Indonesia Tbk (DSP) Cabang bengkulu telah melakukan inovasi terhadap produk perbankan yang diberikan kepada masyarakat, dan juga proses operasi dalam bentuk pelayanan jasa perbankan yang diberikan telah efisien dan efektif dalam sisi waktu pelayanan. Prespektif pembelajaran dan pertumbuhan PT Bank Danamon (DSP) Cabang Bengkulu telah melakukan peningkatan kemampuan karyawan dengan melakukan berbagai bentuk pelatihan sehingga meningkatkan kinerja karyawan. PT Bank Danamon (DSP) Cabang Bengkulu juga telah mengelola karyawannya dengan baik sehingga karyawan merasa puas dan senang selama bekerja pada PT Bank Danamon (DSP) Cabang Bengkulu.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Economy > Department of Accounting
Depositing User: 022 Gofar Ismail
Date Deposited: 02 Sep 2014 15:15
Last Modified: 02 Sep 2014 15:15
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/8198

Actions (login required)

View Item View Item