ANALISIS FAKTOR PERPINDAHAN KONSUMEN (CUSTOMER SWITCHING) BANK KONVENSIONAL KE BANK SYARIAH DI KOTA BENGKULU

Rahman, Ardhista and Anwar, Syaiful (2014) ANALISIS FAKTOR PERPINDAHAN KONSUMEN (CUSTOMER SWITCHING) BANK KONVENSIONAL KE BANK SYARIAH DI KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img]
Preview
Archive (Thesis)
I,II,III,I-14-ard-FE.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Archive (Thesis)
IV,V,LAMP,I-14-ard-FE.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini menganalisis tentang faktor penentu perpindahan konsumen Bank Konvensional ke Bank Syariah. Pada penelitian ini metode yang digunakan adalah studi lapangan dengan menggunakan alat kuesioner sebagai instrument pengumpulan data. Sedangkan teknik pengambilan sampel menggunakan metode quota sampling. Penelitian ini dilakukan di Kota Bengkulu dengan responden sebanyak 200 orang. Metode analisis yang digunakan adalah konfirmatori faktor analisis yang digunakan untuk mengetahui faktor-faktor dominan dalam suatu masalah dan mereduksi faktor-faktor yang menjadi penentu. Untuk memperoleh data tentang faktor yang menjadi penentu perpindahan konsumen, dilakukan penyebaran kuesioner sebanyak 200 pada konsumen pengguna Bank Konvensional yang melakukan perpindahan ke Bank Syariah di Kota Bengkulu.Dari hasil penelitian ini karakteristik responden berdasarkan jenis kelamin pada 200 orang responden diketahui jumlah responden wanita sebanyak 105 orang (52,5%), sedangkan jumlah responden pria sebanyak 95 orang (47,5%). Karakteristik berdasarkan umur jumlah responden terbanyak berada pada kelompok umur 26-32 sebanyak 59 orang (29,5%). Sedangkan yang terendah berada pada kelompok umur 17-20 sebanyak 17 orang (8,5%). Karakteristik berdasarkan pekerjaan jumlah responden terbanyak berada pada kelompok wiraswasta sebanyak 72 orang (36,0%) sedangkan yang terendah berada pada kategori pensiunan sebanyak 7 orang (3,5%). Karakteristik responden berdasarkan pengeluaran per bulan jumlah responden terbanyak berada pada interval 1.600.000 - 1.999.999 sebanyak 78 orang (39,0%). Sedangkan yang terendah berada pada interval <399.999 sebanyak 9 orang (4,5%). Karakteristik responden berdasarkan pendidikan berada pada kelompok S1 sebanyak 85 orang (42,5%). Sedangkan yang terendah berada pada kelompok S2 sebanyak 15 orang (7,5%). Dari hasil penelitian terdapat empat faktor yang terbentuk akan tetapi hanya tiga faktor yang baik yaitu Kegagalan Pelayanan Jasa Inti, Ketidaknyamanan dan, Masalah Etika. Dari tiga faktor yang menjadi penentu faktor masalah etika adalah faktor yang paling utama menjadi faktor penentu yaitu sebesar 67,731%.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Economy > Department of Management
Depositing User: 023 Dody Sahdani
Date Deposited: 03 Sep 2014 14:59
Last Modified: 03 Sep 2014 14:59
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/8241

Actions (login required)

View Item View Item