PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS PARAGRAF ARGUMENTASI MELALUI PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH SISWA KELAS X B SMA NEGERI 9 KOTA BENGKULU TAHUN PELAJARAN 2013/2014

Fransiska, Selly and Utomo, Padi and Purwadi, Agus Joko (2014) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS PARAGRAF ARGUMENTASI MELALUI PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH SISWA KELAS X B SMA NEGERI 9 KOTA BENGKULU TAHUN PELAJARAN 2013/2014. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img]
Preview
Archive (Thesis)
IV,V,LAMP,II-14-sel.FK.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Archive (Thesis)
I,II,III,II-14-sel.FK.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (1MB) | Preview

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana proses peningkatan kemampuan menulis paragraf argumentasi melalui pembelajaran berbasis masalah siswa Kelas X B SMA Negeri 9 Kota Bengkulu Tahun Ajaran 2013/2014. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian dalam penelitian ini adalah siswa Kelas X B SMA Negeri 9 Kota Bengkulu Tahun Ajaran 2013/2014 yang berjumlah 30 orang. Penelitian ini terdiri dari dua siklus, yang masing-masing terdiri dari: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan tindakan, (3) pengamatan, (4) refleksi. Hasil penelitian tindakan kelas siklus I menunjukkan, ketuntasan belajar sebesar 66,6%, berarti pada siklus I siswa belum mencapai ketuntasan klasikal yang ditetapkan (75%), hal ini karena masih ada siswa yang kurang termotivasi dan pada siklus 1 hanya beberapa siswa saja yang terihat aktif dalam menuangkan gagasan mengenai permasalahan yang diberikan. Pada siklus II, guru memberikan penekanan untuk lebih fokus dalam menulis paragraf argumentasi melalui pembelajaran berbasis masalah, sehingga pada siklus II ketuntasan klasikal menjadi 80%. Nilai rata-rata prestasi belajar pada siklus I 73,7% pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 78,8%. Daya serap klasikal juga mengalami peningkatan yaitu dari 78,8% menjadi 80%. Peningkatan ini tampak dari proses pembelajaran dan aktivitas kegiatan siswa yang lebih aktif, fokus dan lebih bersemangat. Dengan demikian, dapat disimpulkan melalui pembelajaran berbasis masalah dapat meningkatkan menulis paragraf argumentasi siswa serta membangkitkan semangat siswa dalam memberikan gagasan.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions: Faculty of Education > Department of Indonesian Language and Literature Education
Depositing User: 021 Nanik Rachmawati
Date Deposited: 03 Sep 2014 15:14
Last Modified: 03 Sep 2014 15:14
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/8244

Actions (login required)

View Item View Item