STUDENTS’ METACOGNITIVE STRATEGIES IN LEARNING ENGLISH (A Descriptive Study at Second Year Students of SMAN 5 Kota Bengkulu)

Hidayat, Ade and Puspita, Hilda and Hati, Gita Mutiara (2014) STUDENTS’ METACOGNITIVE STRATEGIES IN LEARNING ENGLISH (A Descriptive Study at Second Year Students of SMAN 5 Kota Bengkulu). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img]
Preview
Archive (Thesis)
I,II,III,II-14-ade.FK.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Archive (Thesis)
IV,V,LAMP,II-14-ade.FK.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (4MB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menemukan strategi metakognitif yang paling dominan dalam mempelajari bahasa Inggris dan aspek-aspek dari setiap strategi metakognitif yang paling banyak dilakukan yang digunakan oleh siswa tingkat dua SMAN 5 Kota Bengkulu. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah 203 siswa dengan 50 orang dari para siswa digunakan sebagai sampel penelitian. Data dikumpulkan dengan menggunakan dua cara: mendistribusikan seperangkat item kuisioner dan mewawancarai 10% dari sampel. Penelitian ini menemukan bahwa proporsi strategi metakognitif yang digunakan siswa adalah: 34.74% pada strategi dalam merencanakan aktivitas dan kebiasaan dalam belajar; 32.10% pada strategi dalam mengawasi proses belajar; dan 33.16% pada strategy dalam mengevaluasi pembelajaran yang telah dilakukan. Berdasarkan hasil. Semua strategi metakognitif mendapatkan predikat “sedang”. Skor rata-rata dari setiap strategi adalah: perencanaan 3.32 dengan aspek yang paling sering digunakan adalah analisa kemampuan; pengawasan 3.07 dengan aspek yang paling sering digunakan adalah melihat aktivitas yang dilakukan teman dan menentukan apa yang harus dilakukan; dan evaluasi 3.17 dengan aspek yang paling sering digunakan adalah penilaian. Dari hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa siswa-siswa menggunakan strategi metakognitif secara merata. Namun, strategi metakognitif yang paling dominan digunakan oleh siswa adalah strategi dalam merencanakan kegiatan dan kebiasaan dalam belajar.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions: Faculty of Education > Department of English Education
Depositing User: 022 Gofar Ismail
Date Deposited: 04 Sep 2014 08:31
Last Modified: 04 Sep 2014 09:09
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/8256

Actions (login required)

View Item View Item