PERSEPSI KONSUMEN TERHADAP PRODUK-PRODUK LOKAL YANG MENGGUNAKAN MEREK ASING (STUDI KASUS PADA SEPATU MEREK BUCCHERI DAN TELEVISI MEREK POLYTRON DI KOTA BENGKULU)

Paragus, Diga and Hayu, Rina Suthia (2014) PERSEPSI KONSUMEN TERHADAP PRODUK-PRODUK LOKAL YANG MENGGUNAKAN MEREK ASING (STUDI KASUS PADA SEPATU MEREK BUCCHERI DAN TELEVISI MEREK POLYTRON DI KOTA BENGKULU). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img]
Preview
Archive (Thesis)
I,II,III,I-14-dig-FE.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Archive (Thesis)
IV,V,LAMP,I-14-dig-FE.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah yang pertama untuk mengetahui bagaimana persepsi konsumen terhadap produk-produk lokal yang menggunakan merek asing melalui uji keempat variabel penelitian yaitu, perceived prestige, perceived quality, perceived value, social compliance, yang kedua untuk mengetahui variabel mana yang paling berpengaruh terhadap persepsi konsumen serta variabel mana yang perlu ditingkatkan lagi, sehingga dari kedua tujuan tersebut dapat menghasilkan tujuan ketiga yaitu untuk mengetahui persepsi konsumen terhadap produk lokal yang menggunakan merek asing. Persepsi konsumen merupakan hal penting bagi industri dan produsen untuk mencipatkan kesan yang baik dimata konsumen. Untuk mengukur persepsi konsumen terhadap produk lokal yang menggunakan merek asing dilakukan dengan cara melihat bagaimana hasil dari keempat variabel penelitian yaitu, kesan prestise (perceived prestige), kesan kualitas (perceived quality), kesan nilai (perceived value), pemenuhan sosial (social compliance), (Wong dan Zhou, 2005). Di Bengkulu terdapat banyak sekali outlet-outlet yang menjual produk- produk sepatu dengan berbagai merek, baik merek lokal maupun global, sehingga banyak produsen berlomba-lomba menciptakan produk yang memiliki kesan baik dimata konsumen, sama seperti halnya alat-alat elektronik, dimana produsen berlomba-lomba memberikan kesan yang baik dimata konsumen sehingga citra sebuah produk akan tertanam dipikiran konsumen. Keberhasilan produsen dalam mengembangkan serta menimbulkan citra yang baik untuk sebuah produk, akan menimbulkan persepsi yang baik dimata konsumen, maka dari itu, peneliti mengajukan judul ini “Persepsi Konsumen Terhadap Produk Lokal yang Menggunakan Merek Asing, (Studi Kasus pada Sepatu Merek Buccheri dan Televisi Merek Polytron di Kota Bengkulu)”. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh konsumen yang berbelanja di Matahari BIM, Hypermart BIM dan toko Sinar mas prapto, Desain Data dikumpulkan melalui 60 kuisioner yang disebarkan langsung pada konsumen yang pernah menggunakan produk tersebut. Data kemudian akan dihitung nilai rata-ratanya dan selanjutnya dilakukan uji analisis data dengan Uji T dan Uji R. Hasil penelitian menunjukan bahwa keempat variabel berpengaruh signifikan terhadap persepsi konsumen dengan nilai rata-rata total +3,965 sehingga dapat dikatakan bahwa konsumen mempunyai persepsi yang baik terhadap produk sepatu buccheri dan televisi polytron di kota Bengkulu, maka dalam penelitian ini menggunakan Uji T dan Uji R sebagai alat analisis agar peneliti dan produsen mengetahui indikator apa saja yang harus menjadi prioritas dan indikator apa saja yang perlu ditingkatkan. Pada hasil Uji t buccheri ditemukan bahwa keempat variabel berpengaruh signifikan terhadap persepsi konsumen, dan variabel yang paling dominan adalah kesan kualitas +9.126. Sedangkan pada Uji t polytron ditemukan bahwa keempat variabel berpengaruh signifikan terhadap persepsi konsumen, dan variabel yang paling dominan adalah kesan nilai +8.126. Sedangkan pada hasil analisis Uji R, diketahui bahwa keempat indikator variabel mempengaruhi persepsi konsumen untuk produk buccheri sebesar 92%, sedangkan untuk produk televisi polytron, keempat indikator mempengaruhi sebesar 72% terhadap persepsi konsumen.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Economy > Department of Management
Depositing User: 023 Dody Sahdani
Date Deposited: 04 Sep 2014 09:14
Last Modified: 04 Sep 2014 09:14
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/8259

Actions (login required)

View Item View Item