STUDENTS’ KNOWLEDGE OF COHESIVE DEVICE IN ESSAY: A STUDY ON THE THIRD YEAR STUDENTS OF ENGLISH EDUCATION STUDY PROGRAM OF BENGKULU UNIVERSITY

Saputra, Eko and Harahap, Alamsyah and Yunita, Wisma (2014) STUDENTS’ KNOWLEDGE OF COHESIVE DEVICE IN ESSAY: A STUDY ON THE THIRD YEAR STUDENTS OF ENGLISH EDUCATION STUDY PROGRAM OF BENGKULU UNIVERSITY. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img]
Preview
Archive (Thesis)
I,II,III,II-14-eko.FK.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Archive (Thesis)
IV,V,LAMP,II-14-eko.FK.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini ditujukan untuk mengetahui pengetahuan cohesive device mahasiswa dalam essay. Subjek dari penelitian ini adalah mahasiswa tahun ke tiga Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris tahun akademik 2013/2014 yang diminta untuk mengerjakan tes membaca. Data dari penelitian ini diambil dengan menggunakan teknik dokumentasi berdasarkan teknik sampel keseluruhan. Data dari penelitian ini diambil dari 49 hasil reading tes mahasiswa. Masiswa tersebut diminta untuk menemukan bagian-bagian perangkat kohesive gramatikal dan perangkat kohesive leksikal di dalam tes tersebut. Data hasil dari test dianalisis secara deskriptif. Hasilnya menunjukkan bahwa pada perangkat kohesive grammatikal, persentasi mahasiswa yang tidak dapat menemukan substitutsi adalah (91,83%), persentasi mahasiswa yang tidak dapat menemukan ellipsis adalah (87,75%), persentasi mahasiswa yang tidak dapat menemukan konjungsi adalah (16%) dan mahasiswa yang tidak dapat menemukan referen adalah (0%). Pada perangkat kohesive leksikal, mahasiswa yang tidak dapat menemukan kolokasi adalah (51,02%) dan mahasiswa yang tidak dapat menemukan reiterasi adalah (42,85%). Hal tersebut menunjukkan bahwa perangkat kohesive grammatikal yang paling sulit untuk dihadapi oleh mahasiswa adalah substitusi sedangkan perangkat kohesive leksikal tersulit adalah kollokasi.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions: Faculty of Education > Department of English Education
Depositing User: 021 Nanik Rachmawati
Date Deposited: 04 Sep 2014 11:21
Last Modified: 04 Sep 2014 11:21
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/8275

Actions (login required)

View Item View Item