Cheristianto, Jeri and Hadi, Effed Darta (2014) ANALISIS FAKTOR KEPUTUSAN PEMBELIAN RUMAH MAKAN BAKSO PUTRA SOLO 354 DI KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.
|
Archive (Thesis)
IV,V,LAMP,I-14-jer-FE.pdf - Bibliography Available under License Creative Commons GNU GPL (Software). Download (6MB) | Preview |
|
|
Archive (Thesis)
I,II,III.I-14-jer-FE.pdf - Bibliography Available under License Creative Commons GNU GPL (Software). Download (6MB) | Preview |
Abstract
Bisnis rumah makan saat ini telah mengalami perkembangan, selain menyediakan makanan dan minuman, rumah makan juga menyajikan suasana khusus bagi para pelanggan. Kebutuhan akan bisnis rumah makan mengakibatkan rumah makan tak lagi sulit ditemukan pada masa kini. Tempat makan komersial ini bisa dijumpai hampir disetiap tempat. Hal ini mengakibatkan tingginya persaingan antar pelaku bisnis rumah makan dalam meraih pangsa pasar dan mempertahankan pelanggannya. Dalam menghadapi tingginya tingkat persaingan dan dalam rangka untuk meraih pasar maka pelaku bisnis restoran harus mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian yang dilakukan oleh konsumen sasarannya. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis variabel-variabel yang menjadi faktor-faktor keputusan pembelian Rumah Makan Bakso Putra Solo 354 di Bengkulu yang dilakukan oleh konsumen. Dalam penelitian ini jumlah responden yang diambil untuk mewakili konsumen rumah makan sebanyak 160 responden. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer yang diperoleh melalui penyebaran kuisioner. Jumlah variabel yang diteliti adalah 32 variabel dengan alat analisis yang digunakan adalah analisis faktor. Data yang diperoleh diolah dengan bantuan computer dengan program Microsoft Excel dan SPSS 17.0. Berdasarkan hasil penelitian dan pengujian dari 32 variabel yang dianalisa dengan model analisis faktor yang merupakan faktor-faktor keputusan pembelian Rumah Makan Putra Solo 354 disimpulkan bahwa: (1). Reduksi terhadap 32 faktor-faktor yang dipertimbangkan konsumen dalam membeli di Rumah Makan Bakso Putra Solo 354 menghasilkan 8 (delapan) faktor. Kedelapan faktor tersebut adalah: Faktor Sosial, Faktor Produk, Faktor Lokasi, Faktor Bukti Fisik, Faktor Proses, Faktor Harga, Faktor Kebersihan, Faktor Individu. Faktor Sosial adalah faktor pertama yang menjadi faktor keputusan pembelian dengan eigenvalue tertinggi sebesar 9,664 dan varian 30,200%. Sedangkan Faktor Individu menjadi faktor terakhir yang menjadi faktor keputusan pembelian dengan eigenvalue sebesar 1,102 dan varian 3,444%. (2). Kedelapan faktor- faktor keputusan pembelian tersebut secara bersama-sama sebesar 70,190% menjadi faktor-faktor yang dipertimbangkan konsumen dalam membeli di Rumah Makan Bakso Putra Solo 354 yang diperoleh dari nilai cumulative percent eigenvalue. Sedangkan selebihnya adalah adanya pengaruh faktor lain diluar kedelapan faktor tersebut. Dari hasil penelitian dan didasarkan pada kesimpulan yang ada, maka dapat dikemukakan beberapa saran berikut: (1). Pada hasil persepsi responden, faktor-faktor dekorasi dan pencahayaan memiliki nilai rata-rata yang kecil, karena itu perusahaan perlu untuk melakukan peningkatan pada bagian ini seperti memperbaharui dekorasi rumah makan yang dapat membuat konsumen tertarik dan nyaman berada di rumah makan. (2). Faktor kebersihan sangat perlu untuk diperhatikan karena menjadi faktor ketujuh yang mempengaruhi keputusan pembelian yang dilakukan konsumen. (3). Untuk mengantisipasi persaingan dengan usaha yang sejenis, maka pihak rumah makan perlu lebih kreatif dan inovatif dalam memasarkan produknya kepada konsumen.
Item Type: | Thesis (Undergraduated) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | Faculty of Economy > Department of Management |
Depositing User: | 023 Dody Sahdani |
Date Deposited: | 04 Sep 2014 14:19 |
Last Modified: | 04 Sep 2014 14:19 |
URI: | http://repository.unib.ac.id/id/eprint/8293 |
Actions (login required)
View Item |