STUDI PELAKSANAAN PELAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK, KONSELING KELOMPOK, DAN KONSELING INDIVIDU DI SMA NEGERI KOTA BENGKULU

Herlina , Herlina and Hadiwinarto, Hadiwinarto and Sinthia , Rita (2014) STUDI PELAKSANAAN PELAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK, KONSELING KELOMPOK, DAN KONSELING INDIVIDU DI SMA NEGERI KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img]
Preview
Archive (Thesis)
I,II,III,II-14-her.FK.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (481kB) | Preview
[img]
Preview
Archive (Thesis)
IV,V,LAMP,II-14-her.FK.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (810kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pelaksanaan pelayanan bimbingan kelompok, konseling kelompok, konseling individu. Jenis penelitian ini adalah bersifat deskriptif dengan menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik Angket, observasi, wawancara dan dokumentasi. Penentuan informan dalam penelitian ini dengan menggunakan teknik random sampling. Hasil penelitian bahwa : 1) Pelaksanaan layanan Bimbingan Kelompok di SMA Negeri Kota Bengkulu sudah dalam kategori baik, dengan persentase 69%. Bila ditinjau dari keberhasilan bimbingan kelompok diantaranya adalah: a) Kesesuaian antara program dan pelaksanaan yaitu melalui beberapa metode yaitu teaching group, group counseling, home room, ektrakurikuler, dll. b) Keterlaksanaan program. Guru Bimbingan dan Konseling telah melaksanakan program layanan bimbingan kelompok yang tersusun dalam program tahunan. c) Sebagian dari tugas Bimbingan dan Konseling yang berkaitan dengan pemberian layanan bimbingan kelompok tidak dilaksanakan sesuai schedule. d) Perubahan kemajuan peserta didik. Perubahan kemajuan peserta didik dilihat dari pencapaian tujuan layanan bimbingan, pencapaian tugas perkembangan, hasil belajar dan keberhasilan siswa menamatkan sekolah dan dalam kehidupan pribadinya baik di sekolah, keluarga maupun masyarakat. e) Pelaksanaan program kerja yang fleksibel berdampak tidak maksimalnya pelaksanaan program yang dibuat diawal tahun. f) Jumlah petugas dengan jumlah siswa yang tidak berimbang. 2) Pelaksanaan layanan Konseling Kelompok di SMA Negeri Kota Bengkulu sudah dalam kategori baik, dengan persentase 69,8%. Bila ditinjau dari keberhasilan bimbingan kelompok diantaranya adalah: a) Perubahan kemajuan peserta didik. b) Hasil program layanan bimbingan kelompok yang diselenggarakan oleh guru Bimbingan dan Konseling di sekolah berdampak pada berkurangnya pelanggaran-pelanggaran yang dilakukan oleh peserta didik dan bertambahnya kedisiplinan. c) Peningkatan prestasi peserta didik baik dalam akademik maupun melalui kegiatan ekstra kurikuler. 3) Pelaksanaan layanan Konseling Individu di SMA Negeri Kota Bengkulu sudah dalam kategori baik, dengan persentase 73,5%. Jenis layanan ini sudah dilakukan dan berjalan sesuai dengan yang diharapkan. Pada setiap akhir pelaksanaan selalu dilakukan evaluasi penilaian. Pelaksanakan pengarahan, supervisi dan penilaian tindak lanjut di masing-masing sekolah secara terprogram di laksanakan setiap sebulan sekali pada rapat bulanan sekolah, sedangkan untuk permasalahan khusus yang insidental seperti kasus-kasus yang sewaktu-waktu di alami peserta didik kepala sekolah dan staf lainnya saling koordinasi membantu dan memberi masukan terhadap permasalahan yang ada.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Guidance and Counseling Education
Depositing User: 021 Nanik Rachmawati
Date Deposited: 04 Sep 2014 15:37
Last Modified: 05 Sep 2014 16:34
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/8308

Actions (login required)

View Item View Item