KEANEKARAGAMAN JENIS TUMBUHAN PEKARANGAN YANG DIMANFAATKAN SEBAGAI OBAT OLEH SUKU REJANG DI DESA TABA TENGAH KECAMATAN BANG HAJI KABUPATEN BENGKULU TENGAH SEBAGAI BAHAN AJAR BIOLOGI SMA

Tama , Yunika Elisa and Kasrina, Kasrina and Primaiyani, Ariefa (2014) KEANEKARAGAMAN JENIS TUMBUHAN PEKARANGAN YANG DIMANFAATKAN SEBAGAI OBAT OLEH SUKU REJANG DI DESA TABA TENGAH KECAMATAN BANG HAJI KABUPATEN BENGKULU TENGAH SEBAGAI BAHAN AJAR BIOLOGI SMA. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img]
Preview
Archive (Thesis)
I,II,III,II-14-yun.FK.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Archive (Thesis)
IV,V,LAMP,II-14-yun.FK.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) jenis-jenis tumbuhan pekarangan yang dimanfaatkan sebagai obat oleh suku Rejang, 2) organ tumbuhan, cara pengolahan, serta penyakit yang bisa di obati, 3) hasil implementasi berdasarkan hasil penelitian. Penelitian ini dilaksanakan selama tiga bulan yaitu dari bulan Februari – April 2014 di Desa Taba Tengah Kecamatan Bang Haji Kabupaten Bengkulu Tengah. Prosedur penelitian yang dilakukan: 1) observasi, teknik pengambilan data dilakukan secara Snow ball sampling, 2) wawancara, 3) pengambilan sampel, 4) Pembuatan herbarium, 5) determinasi. Data dianalisis secara deskriptif. Selanjutnya dapat dilakukan pembuatan LKS yang di validasi, dan implementasikan ke SMA 4 Bengkulu Tengah. Dari hasil penelitian diperoleh 61 jenis dari 32 suku, dan suku yang paling banyak digunakan adalah Zingiberaceae dan Solanaceae. Bagian tumbuhan yang paling banyak digunakan adalah daun sebanyak 41,53 %, buah 27,69 %, batang, biji dan getah 12,30%, seluruh organ 10,76 %, rimpang 7,69 %, akar 4,61 %, dan kulit batang 3,07 %. Cara pengolahan tumbuhan obat yang paling banyak adalah dengan cara direbus, lalu diminum. Penyakit yang biasa diobati dengan menggunakan tumbuhan obat, baik penyakit luar maupun penyakit dalam yaitu sebanyak 42 jenis penyakit. Hasil implementasi pada siswa SMA pada SK 3. Memahami manfaat keanekaragaman hayati, KD 3.2 Mengkomunikasikan keanekaragaman hayati Indonesia, dan usaha pelestarian serta pemanfaatan sumber daya alam di materi keanekaragaman hayati dengan menggunakan bahan ajar (LKS) yang berdasarkan hasil penelitian, diperoleh persentase ketuntasan belajar klasikalnya 85 % yang berarti sudah tuntas secara klasikal.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Biology Education
Depositing User: 021 Nanik Rachmawati
Date Deposited: 05 Sep 2014 09:32
Last Modified: 05 Sep 2014 09:32
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/8322

Actions (login required)

View Item View Item