Saputra , Sandika and Afandy , Chairil and Bachri, Syamsul (2014) ANALISIS KUALITAS PELAYANAN PADA RUMAH MAKAN METRO. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.
|
Archive (Thesis)
I,II,III,I-14-san-FE.pdf - Bibliography Available under License Creative Commons GNU GPL (Software). Download (505kB) | Preview |
|
|
Archive (Thesis)
IV,V,LAMP,I-14-san-FE.pdf - Bibliography Available under License Creative Commons GNU GPL (Software). Download (1MB) | Preview |
Abstract
Konsumen adalah kunci utama bagi eksistensi suatu perusahaan, oleh sebab itu, orientasi pada konsumen merupakan suatu keharusan yang harus dipegang oleh perusahaan. Salah satunya adalah memberian suatu pelayanan yang baik dan berkualitas bagi konsumen agar terjalin hubungan timbal balik yang saling menguntungkan antara konsumen dengan perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas pelayanan yang ada pada Rumah Makan Metro berdasarkan atribut dimensi kualitas jasa yang terdiri dari variabel-variabel: Kehandalan (Reliability), Daya Tanggap (Responsiveness), Jaminan (Assurance), Perhatian (Emphaty), dan Bukti Fisik (Tangible). Penelitian ini adalah jenis penelitian deskriptif kualitatif, pengumpulan data diperoleh melalui data primer. Sampel yang diambil sebanyak 50 orang konsumen Rumah Makan Metro yang sudah mendapatkan pelayanan sebanyak minimal tiga kali, dengan menggunakan metode accidental sampling, kuesioner, menggunakan skala likert, dan untuk mengukur kualitas pelayanan terhadap variabel penelitian ini digunakan metode nilai rata-rata (mean) dan tabel distribusi frekuensi. Hasil penelitian nilai rata-rata dan distribusi frekuensi pada dimensi Kehandalan (Reliability) 3,65 (73,0%) pada kategor baik, dimensi Daya Tanggap (Responsiveness) 3,51 (70,2%) dalam kategor baik, dimensi Jaminan (Assurance) 3,69 (73,8%) termasuk pada kategori baik, dimensi Perhatian (Emphaty) 3,07 (61,4%) tergolong dalam kategori cukup baik, dan dimensi Bukti Fisik (Tangible) 3,77 (75,4%) pada kategori baik. Secara keseluruhan kualitas pelayanan pada Rumah Makan Metro dari dimensi kualitas jasa dilihat dari jawaban responden terhadap pernyataan yang telah diajukan mendapatkan skor rata-rata total 3,54 (70,8%) termasuk dalam kategori baik, tetapi ada beberapa konsumen yang menyatakan kurang setuju terhadap pelayanan transaksi pembayaran dengan cepat, halaman parkir yang memadai hal ini perlu diperhatikan lagi agar konsumen merasa nyaman dan loyal terhadap jasa yang kita berikan.
Item Type: | Thesis (Undergraduated) |
---|---|
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General) |
Divisions: | Faculty of Economy > Department of Management |
Depositing User: | 022 Gofar Ismail |
Date Deposited: | 05 Sep 2014 09:49 |
Last Modified: | 05 Sep 2014 09:49 |
URI: | http://repository.unib.ac.id/id/eprint/8326 |
Actions (login required)
View Item |