PENERAPAN MODEL SIKLUS BELAJAR 5E (LEARNING CYCLE) MELALUI PUZZLE GELKON (GELAS KONSEP) SEBAGAI MEDIA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XB SMAN 6 KOTA BENGKULU

Sutiani , Wiwit and Irawati , Sri and Abas, Abas (2014) PENERAPAN MODEL SIKLUS BELAJAR 5E (LEARNING CYCLE) MELALUI PUZZLE GELKON (GELAS KONSEP) SEBAGAI MEDIA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XB SMAN 6 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img]
Preview
Archive (Thesis)
I,II,III,II-14-wiw.FK.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Archive (Thesis)
IV,V,LAMP,II-14-wiw.FK.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan aktivitas guru dan siswa serta untuk mendeskripsikan hasil belajar siswa dengan penerapan Model Siklus Belajar 5E melalui media puzzle gelkon pada materi plantae. Jenis penelitian yang dilaksanakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah guru dan seluruh siswa Kelas XB SMAN 6 Kota Bengkulu. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi untuk mengetahui aktivitas guru dan siswa, sedangkan lembar tes digunakan untuk mengetahui hasil belajar biologi siswa pada materi plantae. Data hasil belajar siswa dianalisa secara deskriptif dengan mengacu pada ketuntasan belajar secara klasikal. Hasil analisa data observasi aktivitas guru siklus I diperoleh skor rata-rata 29 dengan kriteria baik, pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 29,5 dengan kriteria baik. Hasil analisa data observasi aktivitas siswa siklus I diperoleh rata-rata 27,5 dengan kriteria baik mengalami peningkatan pada siklus 2 menjadi 30 dengan kriteria baik. Hasil analisa ketuntasan belajar siswa pada siklus I persentase ketuntasan belajar klasikal 77,7% dengan kriteria tuntas, mengalami peningkatan pada siklus II mencapai 85,18% dengan kriteria tuntas. Disimpulkan bahwa Model Siklus Belajar 5E (Learning Cycle) melalui media puzzle gelkon dapat meningkatkan aktivitas guru dan siswa serta hasil belajar siswa di kelas XB SMAN 6 Kota Bengkulu pada materi (Plantae).

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Biology Education
Depositing User: 021 Nanik Rachmawati
Date Deposited: 05 Sep 2014 16:15
Last Modified: 05 Sep 2014 16:15
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/8347

Actions (login required)

View Item View Item