Utami , Elfa Febria and Zakaria, Zakaria and Safnil, Safnil (2014) PENGELOLAAN PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS (STUDI PERBANDINGAN ANTARA SMPN 1 DAN SMPN 14 KOTA BENGKULU). Masters thesis, Universitas Bengkulu.
|
Archive (Thesis)
I,II,III,2-13-elv.FI.pdf - Bibliography Available under License Creative Commons GNU GPL (Software). Download (2MB) | Preview |
|
|
Archive (Thesis)
IV,V,LAMP,2-13-elv.FI.pdf - Bibliography Available under License Creative Commons GNU GPL (Software). Download (2MB) | Preview |
Abstract
Rumusan masalah umum penelitian ml adalah “bagaimanakah perbandingan pengelolaan pembelajaran Bahasa Inggris di SMPN 1 dan SMPN 14 Kota Bengkulu. Masalah tersebut dikembangkan menjadi masalah khusus yang mencakup: bagaimana perbedaan dan persamaan perencanaan,, pelaksanaan, sumber belajar, evaluasi dan remedial pembelajaran Bahasa lnggns di SMPN 1 dan SMPN 14 Kota Bengkulu. Tujuan penelitian mi secara umum adalah untuk mendeskripsikan perbandingan pengelolaan pembelajaran Bahasa lnggris di SMPN 1 dan SMPN 14 Kota Bengkulu. Tujuan khusus penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: perbedaan dan persamaan perencanaan pembelajaran Bahasa lnggris di SMPN 1 Kota Bengkulu dan SMPN 14 Kota Bengkulu: perbedaan dan persamaan pelaksanaan pembelajaran Bahasa lnggris di SMPN 1 Kota Bengkulu dan SMPN 14 Kota Bengkulu, perbedaan dan persamaan sumber belajar dan media pembelajaran Bahasa Inggns di SMPN 1 Kota Bengkulu dan SMPN 14 Kota Bengkulu, perbedaan dan persamaan evaluasi pembelajaran Bahasa lnggris di SMPN 1 Kota Bengkulu dan SMPN 14Kota Bengkulu, perbedaan dan persamaan remedial pembelajaran Bahasa lnggris di SMPN 1 dan SMPN 14 Kota Bengkulu. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan menggunakan metode komparatif, dimana data yang diambil dan dikumpulkan dan kedua sekolah yang menjadi sasaran penelitian mi dianalisis secara deskriptif dengan melakukan perbandingan (Compare).Subyek penelitian mi adalah kepala sekolah dan guru Bahasa lnggris di SMPN 1 dan SMPN 14 Kota Bengkulu yang berhubungan dengan pengelolaan pembelajaran bahasa lnggris.Teknik pengumpul data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi.Teknik analisa data yang dilakukan adalah dengan metode kualitatif. Hasil penelitian sebagai berikut: Pertama, Kedua sekolah telah menyusun perencanaan pembelajaran dengan baik dalam rangka mempersiapkan pelaksanaan kegiatan belajar mengajar yang disesuaikan dengan kondisi sekolah masing-masing. Penyusunan perangkat perencanaan pembelajaran dilakukan secara bersama-sama dengan difasilitasi oleh sekolah dan dilaksanakan sesuai dengan format yang telah ditetntukan oleh pemenintah. Kedua, SMPN 1 dan SMPN 14 Kota Bengkulu sama-sama telah melakukan pelaksanaan kegiatan belajar mengajar dengan baik sesuai dengan perencanaan yang telah disusun, guru dikedua sekolah mi sudah menggunakan metode belajar, sumber belajar, media belajar dan alokasiwaktu belajar yang semuanya terdapat dalam rencana pelaksanaan pembelajaran yang direalisasikan dalam pelaksanaannya.siswa yang belum berhasil dalam evaluasi tersebut diben kesempatan untuk mengikuti remedial yang berguna untuk membantu siswa tersebut memahami dan mengerti materi yang diremedialkan. Perbedaan yang bisa ditemui dalam penelitian mi, guru bahasa lnggris di SMP Negeri 1 Kota Bengkulu lebih banyak berinovasi dan dituntut kreatif dimulai dan penyusunan perencanaan, pelaksanaan hingga evaluasi, berdasarkan hash penelitian salah satu faktor yang mendorong hal mi terjadi dikarenakan rata-rata peserta didik di SMP Negeri 1 Kota Bengkulu memiliki kemampuan akademik yang sedikit lebih balk dibandingkan peserta didik di SMP Negeri 14 Kota Bengkulu. Saran yang dapat diberikan adalah: Pertama, agar kepala sekolah dan kedua sekolah tersebut senantiasa memberikan motivasi kepada dewan guru untuk melakukan kegiatan belajar mengajar yang lebih baik lagi balk dalam hal perencanaan, pelaksanaan, penggunaan media dan sumber belajar, evaluasi dan remedial pembelajaran. Kepala sekolah hendaknya selalu berupaya meningkatkan kemampuan gurusesuai dengan bidang tugasnya, sehingga menjadi pribadi yang profesional dalam merijalankan tugasnya. Kedua, untuk para guru mata pelajaran bahasa Inggris diharapkan selalu meningkatkan manajemen kinerjanya secara maksimal, kreatif dan inovatif mulal dan perencanaan, pelaksanaan, penggunaan media dan sumber belajar, evaluasi, dan remedial pembelajaran sehingga mata pelajaran bahsa Inggris menjadi mata pelajaran yang menyenangkan. Guru juga harus selalu mempebaiki din, mengisi dinnya dengan informasi-informasi dan konten terkini, dan berubaya menguasai teknologi mutakhir dalam bidang pendidikan.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Postgraduate Program > Magister Administrasi / Manajemen Pendidikan |
Depositing User: | 022 Gofar Ismail |
Date Deposited: | 08 Sep 2014 15:19 |
Last Modified: | 08 Sep 2014 15:19 |
URI: | http://repository.unib.ac.id/id/eprint/8353 |
Actions (login required)
View Item |