MANAJEMEN BELAJAR MAHASISWA PROGRAM SARJANA KEPENDIDIKAN GURU DALAM JABATAN FKIP UNIB DI KABUPATEN KEPAHIANG

Fatmarita , Fatmarita and Sahono, Bambang and Zakaria, Zakaria (2014) MANAJEMEN BELAJAR MAHASISWA PROGRAM SARJANA KEPENDIDIKAN GURU DALAM JABATAN FKIP UNIB DI KABUPATEN KEPAHIANG. Masters thesis, Universitas Bengkulu.

[img]
Preview
Archive (Thesis)
IV,V,LAMP,2-13-fat.FI.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (39MB) | Preview
[img]
Preview
Archive (Thesis)
I,II,III,2-13-fat.FI.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (39MB) | Preview

Abstract

Rumusan masalah umum penelitian ini adalah Bagaimanakah manajemen belajar mahasiswa Program Sarjana Kependidikan Guru Dalam Jabatan di Kabupaten Kepahiang? Rumusan masalah khusus : Bagaimanakah cara mengatur waktu, kedisiplinan dalam kehadiran mengikuti kuliah, kedisiplinan dalam membuat tugas kuliah, komitmen mahasiswa dan respon mahasiswa terhadap PSKGDJ? Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan manajemen belajar mahasiswa PSKGDJ di Kabupaten. Tujuan khusus penelitian ini adalah untuk mengetahui cara mengatur waktu, kedisplinan dalam kehadiran mengikuti kuliah, kedisiplinan dalam membuat tugas kuliah, Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, objek penelitian adalah mahasiswa PSKGDJ di Kabupaten Kepahiang. Pengumpulan data diperoleh peneliti melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan peneliti pada penelitian ini adalah pedoman wawancara, observasi dan dokumentasi. Data yang telah terkumpul dianalisis dengan tahap reduksi data, display data dan pengambilan keputusan. Hasil penelitian ini secara umum menunjukkan bahwa manajemen belajar mahasiswa PSKGDJ di Kabupaten Kepahiang sudah baik. Simpulan penelitian ini menunjukkan bahwa manajemen belajar mahasiswa secara keseluruhan sudah baik, hanya saja terdapat sedikit kekurangan dalam hal manajemen waktu dan pengerjaan tugas. Saran yang peneliti sampaikan terkait dengan hasil penelitian ini adalah mahasiswa PSKGDJ hendaknya dapat lebih meningkatkan manajemen belajarnya terutama dalam hal mengatur waktu belajar. Mahasiswa diharapkan tidak hanya dapat mengatur jadwal pelaksanaan perkuliahan dan pelaksanaan pengajaran di sekolah, tetapi juga diharapkan mahasiswa mampu mengatur waktu belajarnya dengan baik. Sehingga pembelajaran yang dilaksanakan diperkuliahan dapat berjalan dengan efektif. Bagi pihak pengelola PSKGDJ di Kabupaten Kepahiang diharapkan tetap konsisten dalam menerapkan kedisiplinan terutama dalam hal kehadiran mahasiswa, sehingga ada perbedaan bagi mahasiswa yang selalu hadir mengikuti Untuk pelaksanaan kedisiplinan dalam pembuatan tugas mahasiswa PSKGDJ di Kabupaten Kepahiang, dosen diharapkan lebih teliti dan jeli karena kadang mahasiswa hanya mengkopi tugas mahasiswa lain. Selain itu diharapkan pengumpulan tugas mahasiswa diharapkan lebih di cek lagi sehingga bagi mahasiswa yang sudah mengumpulkan tugas kuliah tidak dinyatakan belum mengumpulkan tugas kuliah. Mahasiswa PSKGDJ di Kabupaten Kepahiang diharapkan tidak hanya merespon dengan menyambut baik diadakannya PSKGDJ ini tetapi juga diharapkan dengan diadakannya PSKGDJ ini mahasiswa dapat benar-benar meningkatkan kualifikasi keprofesionalan guru. perkuliahan dengan mahasiswa yang kadang tidak hadir dalam perkuliahan. komitmen mahasiswa dan respon mahasiswa terhadap PSKGDJ.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Postgraduate Program > Magister Administrasi / Manajemen Pendidikan
Depositing User: 022 Gofar Ismail
Date Deposited: 09 Sep 2014 08:21
Last Modified: 09 Sep 2014 08:21
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/8357

Actions (login required)

View Item View Item