Pratami , Windy Anggreini and Idrus, Irdam and Aryulina, Diah (2014) UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR BIOLOGI SISWA DALAM PEMBELAJARAN KEANEKARAGAMAN HAYATI BERMODEL INKUIRI DI KELAS X3 SMA NEGERI 7 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.
|
Archive (Thesis)
I,II,III,II-14-win.FK.pdf - Bibliography Available under License Creative Commons GNU GPL (Software). Download (1MB) | Preview |
|
|
Archive (Thesis)
IV,V,LAMP,II-14-win.FK.pdf - Bibliography Available under License Creative Commons GNU GPL (Software). Download (3MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran aktivitas guru dalam proses pembelajaran dengan model inkuiri serta memperoleh gambaran motivasi belajar biologi siswa kelas X3 SMA Negeri 7 Kota Bengkulu. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan dengan 2 siklus, tahapan dari masing-masing siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah guru dan seluruh siswa kelas X3 SMA Negeri 7 Kota Bengkulu tahun ajaran 2013 / 2014 yang berjumlah 34 orang siswa. Instrumen penelitian berupa lembar observasi untuk memperoleh data aktivitas guru dalam menerapkan pembelajaran bermodel inkuiri dan lembar angket digunakan untuk data motivasi belajar biologi siswa. Aktivitas guru bermodel pembelajaran inkuiri di siklus I diperoleh skor rerata 18 (baik), dan siklus II menjadi 22 (baik). Motivasi belajar biologi siswa dalam mengikuti pembelajaran keanekaragaman hayati meningkat seiring dengan bertambah baiknya pembelajaran inkuiri oleh guru. Pada siklus I rata – rata motivasi belajar biologi siswa adalah 39,029 menjadi 46,441 pada siklus II dengan kategori positif.
Item Type: | Thesis (Undergraduated) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Biology Education |
Depositing User: | 021 Nanik Rachmawati |
Date Deposited: | 09 Sep 2014 09:17 |
Last Modified: | 09 Sep 2014 09:17 |
URI: | http://repository.unib.ac.id/id/eprint/8361 |
Actions (login required)
View Item |