UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SISWA KELAS VIII4 SMPN 4 KOTA BENGKULU MELALUI PEMBELAJARAN BIOLOGI BERMODEL SIKLUS BELAJAR 5E

Anggraini , Rin and Aryulina, Diah and Idrus, Irdam (2014) UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SISWA KELAS VIII4 SMPN 4 KOTA BENGKULU MELALUI PEMBELAJARAN BIOLOGI BERMODEL SIKLUS BELAJAR 5E. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img]
Preview
Archive (Thesis)
IV,V,LAMP,II-14-rin.FK.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Archive (Thesis)
I,II,III,II-14-rin.FK.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran pembelajaran siklus belajar 5E yang dilakukan oleh guru biologi dan gambaran keterampilan proses siswa kelas VIII4 SMPN 4 Kota Bengkulu pada pembelajaran biologi bermodel Siklus Belajar 5E. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK), Keterampilan proses yang diteliti adalah keterampilan mengamati dan menginferensi dalam kerja ilmiah yang diukur dengan lembar kinerja keterampilan proses. Pembelajaran biologi bermodel siklus belajar pada penelitian ini adalah pembelajaran biologi pada tahapan eksplorasi (penyelidikan) dan eksplanasi (penjelasan) yang diukur dengan lembar observasi. Kegiatan pembelajaran bermodel siklus belajar 5E dengan materi Osmosis di siklus I yang belum optimal telah dapat diperbaiki di siklus II dengan materi Daya Isap Daun. Kegiatan tersebut adalah memonitor ketepatan hasil pengamatan dan merespon pertanyaan siswa saat mencatat hasil pengamatan dengan pertanyaan penuntun pada tahap eksplorasi; serta kegiatan memonitor siswa menganalisis berdasarkan pertanyaan LKS dan merespon pertanyaan siswa saat menganalisis hasil pengamatan dengan pertanyaan penuntun pada tahap eksplanasi. Masalah baru yang muncul di siklus II adalah kegiatan memonitor siswa menyimpulkan hasil pengamatan dan merespon pertanyaan siswa saat menyimpulkan hasil pengamatan di tahap eksplanasi. Rerata nilai tahap eksplorasi di siklus I sebesar 19 dan meningkat menjadi 21 di siklus II dengan kategori baik. Sedangkan rerata nilai tahap eksplanasi baik di siklus I maupun di siklus II sebesar 16 dengan kategori baik. Keterampilan proses siswa lebih baik pada pembelajaran siklus II dibandingkan keterampilan proses siswa pada pembelajaran siklus I. Rerata skor keterampilan proses siswa di siklus I sebesar 11 dan meningkat menjadi 17 di siklus II namun masih dalam kategori yang sama yaitu cukup.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Biology Education
Depositing User: 021 Nanik Rachmawati
Date Deposited: 09 Sep 2014 10:07
Last Modified: 09 Sep 2014 10:07
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/8371

Actions (login required)

View Item View Item