PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SIKLUS BELAJAR 5E UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS VIII 3 SMPN 1 KOTA BENGKULU

Ismi, Mutiara Gusnita and Ansyori, Irwandi and Idrus, Irdam (2014) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SIKLUS BELAJAR 5E UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS VIII 3 SMPN 1 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img]
Preview
Text (Thesis)
I,II,III,II-14-mut.FK.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (794kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Thesis)
IV,V,LAMP,II-14-mut.FK.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan aktivitas guru dan siswa serta meningkatkan hasil belajar siswa melalui penerapan model siklus belajar 5E di kelas VIII 3 SMPN 1 Kota Bengkulu. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) atau Classroom Action Research dengan metode deskriptif yang menggunakan dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari tahapan antara lain: perencanaan (planning), tindakan (action), observasi (observation), dan refleksi (reflection). Subjek dalam penelitian ini adalah guru biologi dan siswa kelas VIII 3 SMPN 1 Kota Bengkulu Tahun Ajaran 2013/2014. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi dan lembar tes. Lembar observasi digunakan untuk menggambarkan aktivitas guru dan siswa, sedangkan lembar tes digunakan untuk menggambarkan hasil belajar biologi siswa. Hasil analisa data observasi aktivitas guru pada siklus I diperoleh rata-rata skor sebesar 21,5 dengan kriteria baik, kemudian meningkat pada siklus II menjadi 23 dengan kriteria baik. Sedangkan untuk aktivitas siswa pada siklus I diperoleh rata-rata skor sebesar 12,5 dengan kriteria cukup, kemudian meningkat pada siklus II menjadi 14,5 dengan kriteria baik. Hasil analisa data hasil belajar siswa menunjukkan bahwa nilai rata-rata kelas pada siklus I sebesar 78,96 dengan kriteria belum tuntas, kemudian meningkat pada siklus II sebesar 85,86 dengan kriteria tuntas. Sedangkan pada persentase ketuntasan belajar klasikal menunjukkan bahwa persentase ketuntasan belajar klasikal pada siklus I sebesar 79,31% dengan kriteria belum tuntas, kemudian meningkat pada siklus II menjadi 86,20% dengan kriteria tuntas. Dari hasil analisa data tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran siklus belajar 5E dapat meningkatkan hasil belajar biologi siswa kelas VIII 3 SMPN 1 Kota Bengkulu.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Biology Education
Depositing User: 021 Nanik Rahmawati
Date Deposited: 09 Sep 2014 10:41
Last Modified: 09 Sep 2014 10:41
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/8378

Actions (login required)

View Item View Item