Oktaria , Elva and Aryulina, Diah and Ansyori, Irwandi (2014) PENERAPAN PEMBELAJARAN MODEL LATIHAN INKUIRI PADA MATERI STRUKTUR DAN FUNGSI ORGAN PADA MANUSIA DAN HEWAN SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERTANYA SISWA KELAS XIIPA3 SMAN 4 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.
|
Archive (Thesis)
I,II,III,II-14-elv.FK.pdf - Bibliography Available under License Creative Commons GNU GPL (Software). Download (1MB) | Preview |
|
Archive (Thesis)
IV,V,LAMP,II-14-elv.FK.pdf - Bibliography Available under License Creative Commons GNU GPL (Software). Download (5MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran/deskripsi keterampilan bertanya siswa kelas XIIPA3 SMAN Kota Bengkulu dengan menerapkan pembelajaran model Latihan Inkuiri dan memperoleh deskripsi keterampilan siswa kelas XIIPA3 SMAN Kota Bengkulu dalam mengajukan pertanyaan penyelidikan pada pembelajaran model Latihan Inkuiri serta memperoleh gambaran pembelajaran model Latihan Inkuiri yang dilakukan guru biologi. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri atas empat tahap yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, obeservasi, dan refleksi. Pada penelitian ini instrumen penelitian yang digunakan ada dua jenis yakni lembar observasi guru dan lembar observasi siswa. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan kegiatan pembelajaran model latihan inkuiri di kelas XIIPA3 SMAN 4 Kota Bengkulu pada materi Sistem Pernapasan pada Manusia dan Hewan tergolong baik dan meningkat dari siklus I dengan rerata 21,5 ke siklus II dengan rerata 31. Tahap membimbing siswa melakukan percobaan di siklus I dengan rerata 1 pada konsep Frekuensi Pernapasan pada Manusia dapat diperbaiki di siklus II dengan rerata meningkat menjadi 7,5 pada konsep Laju Respirasi Hewan. Keterampilan bertanya siswa kelas XIIPA3 SMAN 4 Kota Bengkulu pada pembelajaran model latihan inkuiri dengan materi Sistem Respirasi tergolong baik. Keterampilan bertanya siswa pada perbaikan pembelajaran model latihan inkuiri dengan konsep Laju Respirasi Hewan baik dan meningkat dengan rerata 7,95 dibandingkan sebelum perbaikan pembelajaran dengan konsep Frekuensi Pernapasan pada Manusia dengan rerata 7,24.
Item Type: | Thesis (Undergraduated) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Biology Education |
Depositing User: | 021 Nanik Rachmawati |
Date Deposited: | 09 Sep 2014 11:37 |
Last Modified: | 09 Sep 2014 11:43 |
URI: | http://repository.unib.ac.id/id/eprint/8390 |
Actions (login required)
View Item |