Astuti , Ekawati Juni and Abas, Abas and Aryulina, Diah (2014) ANALISIS KORELASI ANTARA SIKAP ILMIAH DAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VIII5 SMPN 4 BENGKULU PADA PEMBELAJARAN IPA BIOLOGI DENGAN MODEL SIKLUS BELAJAR 5E. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.
|
Archive (Thesis)
I,II,III,II-14-eka.FK.pdf - Bibliography Available under License Creative Commons GNU GPL (Software). Download (4MB) | Preview |
|
|
Archive (Thesis)
IV,V,LAMP,II-14-eka.FK.pdf - Bibliography Available under License Creative Commons GNU GPL (Software). Download (4MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sikap ilmiah dan prestasi belajar siswa kelas VIII SMPN 4 Bengkulu serta mengetahui ada tidaknya korelasi antara sikap ilmiah dan prestasi belajar IPA Biologi siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode korelasi dan subyek penelitian adalah siswa pada kelas VIII5 SMPN 4 Bengkulu yang berjumlah 34 orang. Sikap ilmiah yang diteliti meliputi sikap jujur, ingin tahu, berpikir kritis, tekun, dan dapat bekerjasama dengan orang lain, yang diukur menggunakan angket. Prestasi belajar siswa diukur menggunakan tes tertulis setelah pembelajaran dengan model Siklus Belajar 5E pada materi sistem pengangkutan pada tumbuhan. Data sikap ilmiah dan prestasi belajar siswa dianalisis rata-rata, standar deviasi, dan persentasenya, kemudian diuji korelasinya dengan rumus korelasi Pearson Product Moment dengan angka kasar. Uji korelasi dilakukan dengan membandingkan rhitung dengan rtabel pada taraf kepercayaan 95% pada tabel harga kritik dari r Product Moment dengan nilai N=34, yaitu 0,339. H0 diterima jika rhitung < rtabel atau H0 ditolak jika rhitung > rtabel. Berdasarkan perhitungan didapatkan rata-rata skor sikap ilmiah siswa kelas VIII5 SMPN 4 Bengkulu sebesar 48,5 dengan standar deviasi 4,24 dan termasuk kategori sikap ilmiah baik. Rata-rata skor prestasi belajar siswa adalah 61,68 dengan standar deviasi 9,31 dan termasuk kategori prestasi belajar cukup. rhitung diperoleh sebesar 0,358 sehingga disimpulkan sikap ilmiah berkorelasi positif dengan prestasi belajar siswa kelas VIII5 SMPN 4 Bengkulu pada pembelajaran IPA Biologi dengan model Siklus Belajar 5E, dan korelasi antara sikap ilmiah dan prestasi belajar siswa tersebut adalah korelasi yang tergolong lemah.
Item Type: | Thesis (Undergraduated) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Biology Education |
Depositing User: | 021 Nanik Rachmawati |
Date Deposited: | 09 Sep 2014 11:43 |
Last Modified: | 09 Sep 2014 11:43 |
URI: | http://repository.unib.ac.id/id/eprint/8391 |
Actions (login required)
View Item |