PENERAPAN MODEL QUANTUM TEACHING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS XI IPA 2 SMAN 5 KOTA BENGKULU

Astuti, Annisa Puji and Irawati , Sri and Kasrina, Kasrina (2014) PENERAPAN MODEL QUANTUM TEACHING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS XI IPA 2 SMAN 5 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img]
Preview
Archive (Thesis)
I,II,III,II-14-ann.FK.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (701kB) | Preview
[img]
Preview
Archive (Thesis)
IV,V,LAMP,II-14-ann.FK.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan aktivitas guru dan siswa serta hasil belajar siswa melalui penerapan model Quantum Teaching di kelas XI IPA 2 SMAN 5 Kota Bengkulu. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) atau Classroom Action Research dengan metode deskriptif yang menggunakan dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari tahapan antara lain: perencanaan (planning), tindakan (action), observasi (observation), dan refleksi (reflection). Subjek dalam penelitian ini adalah guru biologi dan siswa kelas XI IPA 2 SMAN 5 Kota Bengkulu Tahun Ajaran 2013/2014. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi dan lembar tes. Lembar observasi digunakan untuk mengetahui aktivitas guru dan siswa, sedangkan lembar tes digunakan untuk mengetahui hasil belajar biologi siswa. Hasil analisa data observasi aktivitas guru pada siklus I diperoleh rata-rata skor sebesar 35 dengan kriteria baik, kemudian meningkat pada siklus II menjadi 38,5 dengan kriteria baik. Sedangkan untuk aktivitas siswa pada siklus I diperoleh rata-rata skor sebesar 33 dengan kriteria baik, kemudian meningkat pada siklus II menjadi 38 dengan kriteria baik. Hasil analisa data hasil belajar siswa menunjukkan bahwa nilai rata-rata kelas pada siklus I sebesar 83,05 dengan kriteria belum tuntas, kemudian meningkat pada siklus II sebesar 95,27 dengan kriteria tuntas. Sedangkan pada persentase ketuntasan belajar klasikal menunjukkan bahwa persentase ketuntasan belajar klasikal pada siklus I sebesar 80,55% dengan kriteria belum tuntas, kemudian meningkat pada siklus II menjadi 94,44 % dengan kriteria tuntas. Dari hasil analisa data tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Quantum Teaching dapat meningkatkan hasil belajar biologi siswa kelas XI IPA 2 SMAN 5 Kota Bengkulu.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Biology Education
Depositing User: 021 Nanik Rachmawati
Date Deposited: 09 Sep 2014 12:26
Last Modified: 09 Sep 2014 12:26
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/8399

Actions (login required)

View Item View Item