PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN LANGSUNG (DIRECT INSTRUCTION) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS XC SMA NEGERI 6 KOTA BENGKULU

Sari, Anika and Abas, Abas and Aryulina, Diah (2014) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN LANGSUNG (DIRECT INSTRUCTION) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS XC SMA NEGERI 6 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img]
Preview
Archive (Thesis)
IV,V,LAMP,II-14-ani.FK.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Archive (Thesis)
I,II,III,II-14-ani.FK.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kegiatan pembelajaran dan kegiatan belajar dengan model pembelajaran langsung (Direct Instruction) serta hasil belajar dengan penerapan model pembelajaran langsung (Direct Instruction) di kelas XC SMA Negeri 6 Kota Bengkulu. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) atau classroom Action Research dengan metode deskriptif yang menggunakan dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari empat tahap sebagai berikut: tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap observasi dan tahap refleksi. Subjek penelitian adalah peneliti sebagai guru biologi dan seluruh siswa kelas XC SMA Negeri 6 Kota Bengkulu yang berjumlah 30 orang yakni 12 siswa laki-laki dan 18 perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan tes. Sedangkan instrumen penelitian terdiri dari lembar observasi dan lembar tes. Lembar observasi digunakan untuk mendeskripsikan kegiatan pembelajaran dan belajar pada model pembelajaran langsung dan lembar tes digunakan untuk mendeskripsikan hasil belajar biologi siswa yang merupakan soal berupa pilihan ganda. Hasil analisis data observasi kegiatan pembelajaran oleh guru siklus 1 diperoleh rata-rata skor 17 (baik) siklus 2 meningkat menjadi 21 (baik). Hasil analisis data observasi kegiatan belajar oleh siswa siklus 1 diperoleh rata-rata skor sebesar 16 (cukup) siklus 2 meningkat menjadi 21 (baik). Pada siklus 1 nilai rata-rata kelas yaitu 66,67 dengan persentase ketuntasan belajar klasikal 43,33% (tidak tuntas) pada siklus 2 meningkat nilai rata-rata kelas menjadi 85,33 dengan persentase ketuntasan belajar klasikal 80% (tuntas). Disimpulkan bahwa model pembelajaran langsung dapat meningkatkan kegiatan pembelajaran oleh guru dan kegiatan belajar oleh siswa serta hasil belajar biologi siswa dikelas XC SMA Negeri 6 Kota Bengkulu.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Biology Education
Depositing User: 021 Nanik Rachmawati
Date Deposited: 09 Sep 2014 12:44
Last Modified: 09 Sep 2014 12:44
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/8400

Actions (login required)

View Item View Item