PERBEDAAN HASIL BELAJAR FISIKA ANTARA SISWA YANG DIBELAJARKAN DENGAN MODEL KOOPERATIF TIPE NHT DAN MODEL DI MELALUI METODE EKSPERIMEN DI KELAS XI IPA SMA NEGERI 2 KOTA BENGKULU

Setia, Widita Sebayuri and Swistoro, Eko and Putri, Desy Hanisa (2014) PERBEDAAN HASIL BELAJAR FISIKA ANTARA SISWA YANG DIBELAJARKAN DENGAN MODEL KOOPERATIF TIPE NHT DAN MODEL DI MELALUI METODE EKSPERIMEN DI KELAS XI IPA SMA NEGERI 2 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img]
Preview
Archive (Thesis)
I,II,III,II-14-wid.FK.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (10MB) | Preview
[img]
Preview
Archive (Thesis)
IV,V,LAMP,II-14-wid.FK.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (10MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar fisika pada ranah kognitif, afektif dan psikomotorik antara siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) dan Direct Instruction melalui metode eksperimen. Penelitian ini merupakan Quasi Experiment Research dengan populasi siswa kelas XI di SMAN 2 Kota Bengkulu. Sampel penelitian diambil menggunakan teknik Simple Random Sampling sehingga diperoleh kelas XI IPA D yang berjumlah 30 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA E yang berjumlah 31 siswa sebagai kelas kontrol. Pengambilan data penelitian menggunakan tes hasil belajar kognitif berupa soal uraian (5 butir) pada konsep fluida dan lembar observasi. Analisis data menggunakan Uji-t dua sampel independen, diperoleh skor rata-rata posttest kelas eksperimen berbeda signifikan dengan skor rata-rata posttest kelas kontrol dengan thitung = 3,09 > ttabel = 2,01 pada taraf signifikan 95%, dengan skor rata- rata posttest kelas eksperimen lebih besar daripada skor rata-rata posttest kelas kontrol. Analisis data menggunakan Uji-t dua sampel independen, diperoleh nilai rata-rata afektif kelas eksperimen berbeda signifikan dengan nilai rata-rata afektif kelas kontrol dengan thitung = 2,89 > ttabel = 2,01 pada taraf signifikan 95%, dengan nilai rata-rata afektif kelas eksperimen lebih besar daripada nilai rata-rata afektif kelas kontrol. Analisis data menggunakan Uji-t dua sampel independen, diperoleh nilai rata-rata psikomotorik kelas eksperimen berbeda signifikan dengan nilai rata- rata psikomotorik kelas kontrol dengan thitung = 2,41 > ttabel = 2,01 pada taraf signifikan 95%, dengan nilai rata-rata psikomotorik kelas eksperimen lebih besar daripada nilai rata-rata psikomotorik kelas kontrol. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar fisika pada ranah kognitif, afektif dan psikomotorik antara siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) dan Direct Instruction melalui metode eksperimen.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Physic Education
Depositing User: 021 Nanik Rachmawati
Date Deposited: 09 Sep 2014 14:11
Last Modified: 09 Sep 2014 14:11
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/8402

Actions (login required)

View Item View Item