INOVASI PENGELOLAAN KELAS GURU BAHASA INDONESIA (STUDI DESKRIPTIF KUALITATIF DI SMP NEGERI 1 MERIGI KABUPATEN KEPAHIANG)

Arsiyanti, Feby and Sahono, Bambang and Zakaria, Zakaria (2014) INOVASI PENGELOLAAN KELAS GURU BAHASA INDONESIA (STUDI DESKRIPTIF KUALITATIF DI SMP NEGERI 1 MERIGI KABUPATEN KEPAHIANG). Masters thesis, Universitas Bengkulu.

[img]
Preview
Archive (Thesis)
IV,V,LAMP,2-13-feb.FI.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (17MB) | Preview
[img]
Preview
Archive (Thesis)
I,II,III,2-13-feb.FI.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (17MB) | Preview

Abstract

Rumusan masalah secara umum penelitian ini adalah “ Ba gaim ana In ovasi Pengelolaan Kelas Guru Bahasa Indonesia di SMP Negeri 1 Merigi Kabupaten kepahian g? ”. Masalah s ecar a khusus dalam penelitian ini adalah ba gaim anakah inovasi pendekatan pengelolaan kelas, bagaimanakah inovasi mengelola prilaku siswa yang menyimpang, bagaimanakah inovasi dalam penerapan Riward dan punishment, bagaimanakah inovasi dalam menjalin kerjasama dengan guru BK, dan bagaimanakah inovasi dalam menjalin kerjasama dengan Wali kelas, serta bagaimanakah inovasi dalam menjalin kerjasama dengan orang tua di SMP Negeri 1 Merigi Kabupaten Kepahiang. Tujuan umum penelitian ini untuk mendeskripsikan inovasi pengelolaan kelas Guru Bahasa Indonesia di SMP Negeri 1 Merigi Kabupaten Kepahiang. Adapun tujuan secara khusus adalah untuk mendeskripsikan inovasi pendekatan pengelolaan kelas Bahasa Indonesia, mendeskripsikan inovasi mengelola prilaku yang menyimpang, mendeskripsikan inovasi dalam menerapkan penghargaan dan inovasi dalam menjalin kerjasama dengan Wali kelas, mendeskripsikan inovasi dalam menjalin kerjasama dengan Orang Tua. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif. Pada penelitian ini peneliti menggambarkan secara detail tentang inovasi yang ada di SMP Negeri 1 Merigi. Dalam penelitian ini informasi yang didapat dari guru Bahasa Indonesia dan Guru BK, serta Wali kelas,alat pengumpulan data yang digunakan adalah Observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang dilakukan adalah dengan metode kualitatif. Langkah-langkah dalam analisis data dimulai dengan mengumpulkan seluruh sumber data, mereduksi data dengan membuat abstrak (rangkuman), menyusun data dalam satuan-satuan, pengkatogorian dan mengadakan pemeriksaan keabsahan data. Setelah dilakukan analisis selanjutnya disimpulkan. Langkah terakhir adalah mengambil kesimpulan dari hasil penelitian. Hasil penelitian sebagai berikut. Pertama, inovasi pendekatan pengelolaan kelas yang dilakukan di SMP Negeri 1 Merigi adalah melakukan pendekatan terhadap siswa dengan mengadakan interaksi menerapkan pendekatan sosio-emosional yakni kegiatan guru dalam mengelola pembelajaran untuk menciptakan hubungan yang interpersonal yang baik antara guru dengan siswa maupun siswa dengan siswa. Kedua, SMP Negeri 1 Merigi melakukan inovasi dalam mengelola prilaku siswa yang menyimpang sedemikian rupa sehingga dalam mengelola perilaku siswa yang menyimpang Guru Bahasa Indonesia Guru Bahasa Indonesia membuat peserta didik lebih mentaati aturan serta meningkatkan kedisiplinan, memberikan dorongan yang bermakna adalah suatu proses dimana guru berusaha menunjukan minat yang sungguh-sungguh terhadap perilaku peserta didik yang menunjukkan tanda-tanda kebosanan dan keresahan. Ketiga, inovasi dalam menerapkan penghargaan dan hukuman juga telah diterapkan dalam pengelolaan kelas Bahasa Indonesia yaitu dengan menerapkan penilaian terhadap hasil kerja siswa dan menghargai hasil kerja siswa. Keempat, SMP Negeri 1 Merigi telah melakukan inovasi dalam menjalin kerjasama dengan Guru BK yakni dengan melakukan musyawarah dalam menyelesaikan masalah yang dihadapi oleh siswa. Kelima, SMP Negeri 1 Merigi telah melakukan inovasi dalam menjalin kerjasama dengan Wali kelas sesuai dengan Salah satu bentuk terjalinnya kerjasama yang baik antara guru mata pelajaran dengan Wali kelas yaitu dengan saling bertukar pikiran apabila siswa mengalami suatu masalah antar siswa dan tidak dapat diselesaikan antar mereka, ketua kelas siswa dapat melapor kepada wali kelas untuk bersama-sama memecahkan dan mengatasi masalah. Keenam, SMP Negeri 1 Merigi telah melakukan inovasi pengelolaan kelas dengan menjalin kerjasama dengan orang tua melalui wadah yaitu dengan komite sekolah serta adanya humas dalam menjebatani hubungan masyarakat dengan sekolah. Simpulan dari penelitian ini secara umum menunjukkan bahwa inovasi pengelolaan Bahasa Indonesia telah dilakukan dengan terciptanya kelas yang kondusif dan menyenangkan.hal ini terlihat dengan adanya inovasi-inovasi oleh guru dalam mengelola kelas dengan melakukan pendekatan, mengelola prilaku yang menyimpang, penghargaan dan hukuman, menjalin kerjasama dengan Guru BK, Wali kelas, serta Orang tua. Saran dari penelitian ini secara umum bahwa hendaknya kepala sekolah, guru,BK, Wali kelas, serta Orang tua dapat saling bekerjasama dalam melakukan inovasi pengelolaan kelas secara inovatif guna mencapai tujuan pendidikan. Hendaknya mengakomodasi keterampilan mengelola kelas, mengembangkan wawasan guru melaui IHT (in house training ) dan mengaktifkan MGMP,seminar dan lain-lain,serta meningkatkan peran guru BK melalui koordinasi dengan seluruh elemen sehingga tercipta iklim belajar yang disiplin, dan mempermudah guru dalam mengatasi masalah yang dihadapi di kelas.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Postgraduate Program > Magister Administrasi / Manajemen Pendidikan
Depositing User: 022 Gofar Ismail
Date Deposited: 09 Sep 2014 14:43
Last Modified: 09 Sep 2014 14:43
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/8405

Actions (login required)

View Item View Item