ANALISIS PERSEPSI MASYARAKAT ATAS PERMINTAAN TERHADAP TELEPON SELULER BLACKBERRY DI KOTA BENGKULU

Novitasari, Selvika and Rusdi, Muhammad (2014) ANALISIS PERSEPSI MASYARAKAT ATAS PERMINTAAN TERHADAP TELEPON SELULER BLACKBERRY DI KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img]
Preview
Text
IV,V,LAMP,I-14-sel-FE.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Archive (Thesis)
I,II,III,I-14-sel-FE.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Archive (Thesis)
IV,V,LAMP,I-14-sel-FE.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (1MB) | Preview

Abstract

Permintaan dapat terbentuk melalui suatu pola pikir konsumen yang didasarkan beberapa alasan, Dimasa sekarang permintaan konsumen lebih kritis dalam memiliki barang dan jasa yang ditawarkan pasar. Telepon seluler merupakan salah satu barang yang permintaannya meningkat dari waktu ke waktu. Saat ini telepon seluler bukan menjadi barang mewah, hampir semua lapisan masyarakat telah memiliki telepon seluler. Salah satu telepon seluler yang menjadi fenomenal di Indonesia adalah Blackberry. Blackberry menjadi fenomenal dikalangan penikmat ponsel pintar (smartphone) yang berhasil mencuri perhatian pengguna telepon seluler dari merek-merek sebelumnya. Di Kota Bengkulu pun telepon seluler Blackberry juga mengalami perkembangan dimana saat ini Blackberry merupakan kebutuhan dan gaya hidup bagi penggunanya. Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi persepsi masyarakat atas permintaan terhadap telepon seluler Blackberry di Kota Bengkulu.Penelitian ini menggunakan data primer yang diperoleh langsung dari responden dengan membagi kuisioner atau daftar pertanyaan kepada konsumen handphone Blackberry (responden penelitian). Responden dalam penelitian ini terdiri dari 75 orang dimana 25 orang terdiri dari kalangan PNS, 25 orang dari kalangan wiraswasta dan 25 orang laninnya adalah kalangan mahasiswa dan pelajar. Dalam penelitian ini Metode analisis yang digunakan yaitu analisis deskriptif dengan menggunakan statistik rata-rata (means) atas semua item variabel yang mempengaruhi permintaan dan analisis dilengkapi dengan hasil data wawancara. Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan menggunakan skala likert. Berdasarkan data yang diperoleh, kemudian dilakukan pembahasan, maka diketahui bahwa harga barang itu sendiri, harga barang lain, pendapatan, jumlah anggota keluarga, selera dan ekspektasi cenderung mempengaruhi persepsi masyarakat atas permintaan terhadap telepon seluler Blackberry di Kota Bengkulu. Dari enam variabel yang mempengaruhi konsumen melakukan permintaan terhadap telepon seluler Blackberry, selera dan pendapatan merupakan variabel yang paling mempengaruhi konsumen dalam melakukan permintaan handphone Blackberry di Kota Bengkulu sedangkan jumlah anggota keluarga merupakan variabel yang memiliki pengaruh terkecil.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Economy > Department of Development Economics
Depositing User: 022 Gofar Ismail
Date Deposited: 09 Sep 2014 15:20
Last Modified: 09 Sep 2014 15:20
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/8406

Actions (login required)

View Item View Item