PENGELOLAAN PENDIDIKAN KARAKTER (STUDI DESKRIPTIF KUALITATIF DI SDIT AL-QALAM MANNA KAB. BENGKULU SELATAN)

Karzidin, Karzidin and Sahono, Bambang and Juarsa, Osa (2014) PENGELOLAAN PENDIDIKAN KARAKTER (STUDI DESKRIPTIF KUALITATIF DI SDIT AL-QALAM MANNA KAB. BENGKULU SELATAN). Masters thesis, Universitas Bengkulu.

[img]
Preview
Archive (Thesis)
I,II,III,2-13-kar.FI.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (919kB) | Preview
[img]
Preview
Archive (Thesis)
IV,V,LAMP,2-13-kar.FI.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB) | Preview

Abstract

Tujuan umum penelitian ini untuk mendeskripsikan atau mengambarkan Pengelolaan Pendidikan karakter di SDIT AL-Qalam Manna Bengkulu Selatan. Adapun tujuan khususnya adalah untuk mendeskripsikan: 1) Nilai nilai karakter yang ditanamkan dalam Pendidikan karakter di SDIT Al-Qalam Manna; 2) Pengintegrasian pendidikan karakter dalam kegiata di SDIT Al-Qalam Manna; 3) Metode penanaman niaikarakter di SDIT Al-Qalam Manna; 4) Penilaian Pendidikan Karakter di SDIT Al-Qalam Manna. 5) Kendala Pendidikan Karakter di SDIT Al-Qalam Manna; Metode penelitian ini adalah studi deskriptif kualitatif yang mendeskripsikan pengelolaan pendidikan karakter di SDIT Al-Qalam Manna Bengkulu Selatan. Adapun teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Subjek penelitian adalah Kepala Sekolah, wakil Kepala dan tiga orang guru SDIT Al-Qalam Manna, Sedangkananalisis data dilakukan dengan Deskriptf analisis, induktif dan deduktif. Hasil Penelitian Pengelolaan Pendidikan karakter di SDIT Al-Qalam Manna Bengkulu Selatan menunjukkan bahwa; Nilai-nilai karakter yang di tanamkan telah dijabarkan dalam indikator, Pengintegrasian dilakukan dalam Kegiatan belajar mengajar, budaya sekolah dan kegiatan ko dan ekstra kurikuler, Metode yang digunakan adalah dengan keteladanan dan pembiasaan, Penilaian dilakukan dengan pengamatan yang terus menrus terhadap sifat dan sikap anak, sedangkan kendala pendidikan karakter adalah tidak samanya pemahaman guru terhadap pentingnya pendidikan karakter dan perbedaan pemahaman orang tua terhadap nilai-nilai yang ditanamkan.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Postgraduate Program > Magister Administrasi / Manajemen Pendidikan
Depositing User: 022 Gofar Ismail
Date Deposited: 10 Sep 2014 08:29
Last Modified: 10 Sep 2014 08:29
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/8410

Actions (login required)

View Item View Item