PENERAPAN MODEL SAINS TEKNOLOGI MASYARAKAT (STM) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA KONSEP BUNYI KELAS VIII.4 SMPN 3 KOTA BENGKULU

Kassiavera , Sujiyani and Medriati , Rosane and Putri , Desy Hanisa (2014) PENERAPAN MODEL SAINS TEKNOLOGI MASYARAKAT (STM) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA KONSEP BUNYI KELAS VIII.4 SMPN 3 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img]
Preview
Archive (Thesis)
I,II,III,II-14-suj.FK.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text (Thesis)
IV,V,LAMP,II-14-suj.FK.pdf
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (classroom action research) yang dilaksanakan dalam tiga siklus yang bertujuan untuk mengetahui peningkatan aktivitas belajar dan hasil belajar siswa pada konsep Bunyi. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII.4 yang berjumlah 23 orang. Data yang diperoleh dari tes dan lembar observasi dianalisis dengan menggunakan statistik deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas belajar siswa pada siklus I dengan rata-rata skor sebesar 32 dalam kategori cukup, siklus II sebesar 36 dalam kategori baik, dan siklus III sebesar 42 dalam kategori baik. Hasil belajar siswa dalam aspek pemahaman konsep atau tes soal dan LDS pada siklus I diperoleh daya serap siswa sebesar 69,42% dan ketuntasan belajar sebesar 52,17% (belum tuntas); meningkat pada siklus II diperoleh daya serap siswa sebesar 79,99% dan ketuntasan belajar sebesar 91,30% (tuntas), dan meningkat lagi dibandingkan siklus I dan II yaitu pada siklus III diperoleh daya serap siswa sebesar 85,37% dan ketuntasan belajar sebesar 95,65% (tuntas). Penelitian ini menyimpulkan adanya peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa dikelas VIII.4 SMPN 3 Kota Bengkulu pada konsep Bunyi melalui model Sains Teknologi Masyarakat (STM). Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan disarankan apabila guru ingin menggunakan model Sains Teknologi Masyarakat (STM), guru harus memahami karakteristik materi karena tidak semua materi sesuai dengan model sains teknologi masyarakat (STM) ini dan guru harus paham tentang isu-isu yang terjadi sedang dimasyarakat sehingga dapat diaplikasikan dalam pembelajaran dikelas yang sesuai dengan tujuan pembelajaran

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Physic Education
Depositing User: 021 Nanik Rachmawati
Date Deposited: 10 Sep 2014 10:43
Last Modified: 10 Sep 2014 10:43
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/8419

Actions (login required)

View Item View Item