LEVEL BERPIKIR SISWA DALAM MENYELESAIKAN MASALAH PROGRAM LINIER DITINJAU DARI EXTENDED LEVEL TRIAD ++ (STUDI PADA KELAS XI AKUNTANSI SMKN 1 CURUP TIMUR)

Jayadi, Azman and Widada, H Wahyu and Abdullah, M Ilham (2014) LEVEL BERPIKIR SISWA DALAM MENYELESAIKAN MASALAH PROGRAM LINIER DITINJAU DARI EXTENDED LEVEL TRIAD ++ (STUDI PADA KELAS XI AKUNTANSI SMKN 1 CURUP TIMUR). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img]
Preview
Archive (Thesis)
IV,V,LAMP,2-13-azm.FI.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (8MB) | Preview
[img]
Preview
Archive (Article)
I,II,III,2-13-azm.FI.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (8MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui level kemampuan siswa dan mendiskripsikan level berpikir siswa kelas XI Akuntansi SMK Negeri 1 Curup Timur dalam menyelesaikan masalah program linier ditinjau dari Extended level triad ++. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksploratif, sedangkan pendekatan penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini diambil dari 64 siswa kelas XI Akuntansi SMK Negeri 1 Curup Timur Tahun Pelajaran 2012/2013, yang dipilih 12 siswa sebagi subjek penelitian. Pengumpulan data dilakukan dengan tes tertulis, wawancara mendalam, dan think aloud. Analisis data terdiri dari: (1) reduksi data, (2) penyajian data, dan (3) menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Level kemampuan siswa dalam menyelesaikan masalah program linier ditinjau dari extended level triad ++, diketahui : ada 8 % siswa pada Level Pra Intra (PraLevel 0), ada 14 % siswa pada Level Intra (Level 0), ada 28 % siswa pada Level Semi Inter (Level 1), ada 22 % siswa pada Level Inter (Level 2), ada 16 % siswa pada Level Semi Trans (Level 3), ada 12 % siswa pada Level Trans (Level 3) dan tidak ada siswa yang berada pada Level Extended Trans (Level 5). 2) Proses berpikir siswa dalam menyelesaikan masalah program linier ditinjau dari extended level triad ++, didiskripsikan : (1) Subjek Level Pra Intra hanya mampu melakukan aksi-aksi dengan membaca soal dan menuliskan masalah saja, tidak sampai memahami masalah. (2) Subjek Level Intra dapat melakukan aksi-aksi, proses-proses secara terpisah tetapi tidak mengaitkan dengan informasi lain (skema awal), dapat memahami dan merencanakan sebagian pemecahan masalah yang diberikan. (3) Subjek Level Semi Inter dapat melakukan aksi-aksi, proses-proses dan sudah mulai mengaitkan dengan informasi lain, tetapi tidak menggunakan skema awal, dapat memahami masalah, merencanakan dan melaksanakan perencanaan awal dari pemecahan masalah, (4) Subjek Level Inter dapat mengkonstruksi aksi, proses, objek dan sifat yang terkait, namun belum menggunakan skema awal, dapat memahami, merencanakan pemecahan masalah, melaksanakan rencana pemecahan masalah walau baru sebagian. (5) Subjek Level Semi Trans dapat mengkonstruksi aksi, proses, objek dan skema, tetapi skema yang digunakan belum benar dan sudah menggunakan skema awal, dapat memahami, merencanakan, melaksanakan rencana pemecahan masalah walaupun belum benar. (6) Level Trans; Subjek dapat mengkonstruksi aksi, proses, objek dan skema, serta skema yang digunakan telah benar dan sudah menggunakan skema awal, tetapi belum terbentuk skema baru, dapat memahami, membuat rencana pemecahanm masalah, melaksanakan sesuai dengan rencana dan benar serta dapat memeriksa kembali hasil kerja dengan benar.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Mathematics Education
Depositing User: 023 Dody Sahdani
Date Deposited: 10 Sep 2014 11:12
Last Modified: 10 Sep 2014 11:12
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/8421

Actions (login required)

View Item View Item