PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN LANGSUNG (DI) BERBANTUAN MEDIA AUDIO VISUAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA VIIA SMPN 17 BENGKULU PADA POKOK BAHASAN PERPINDAHAN KALOR

Sari, Elvita and Sakti, Indra and Koto, Irwan (2014) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN LANGSUNG (DI) BERBANTUAN MEDIA AUDIO VISUAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA VIIA SMPN 17 BENGKULU PADA POKOK BAHASAN PERPINDAHAN KALOR. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img]
Preview
Archive (Thesis)
I,II,III,II-14-elv.FK.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (969kB) | Preview
[img]
Preview
Archive (Thesis)
IV,V,LAMP,II-14-elv.FK.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar fisika siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran langsung (Direct Instruction) di kelas VII A SMP Negeri 17 Kota Bengkulu. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas ( Classroom Action Research ) yang dilaksanakan dalam 3 siklus pembelajaran. Instrumen penelitian adalah lembar observasi, tes, dan lembar penilaian kinerja ilmiah. Hasil penelitian adalah aktivitas belajar siswa dari siklus I skor 25 (kategori cukup) dan meningkat menjadi 28 pada siklus II (kategori cukup) kemudian pada siklus III skor 32 (kategori baik). Hasil penilaian hasil belajar melalui tes ditinjau dari ketuntasan belajar klasikal yang memperoleh nilai ≥ 70 pada siklus I adalah 75,67 % meningkat pada siklus II sebesar 83,78 % dan pada siklus III sebesar 91,89%. Nilai rata-rata kelas pada siklus I sebesar 73,14 (standar deviasi 8,90) dan meningkat pada siklus II sebesar 76,10 (standar deviasi 6,80) kemudian pada siklus III sebesar 80,58 (standar deviasi sebesar 5,70). Kesimpulan dari hasil penelitian adalah penerapan model pembelajaran langsung ( Direct Instruction) berbantuan media audio visual dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada sub konsep perpindahan kalor.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Physic Education
Depositing User: 021 Nanik Rachmawati
Date Deposited: 10 Sep 2014 11:02
Last Modified: 10 Sep 2014 11:02
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/8423

Actions (login required)

View Item View Item