PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING MENGGUNAKAN SIMULASI MACROMEDIA FLASH UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR FISIKA PADA KONSEP USAHA DAN ENERGI DI SMK NEGERI 3 KOTA BENGKULU

Rohima, Rohima and Swistoro, Eko and Setiawan, Iwan (2014) PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING MENGGUNAKAN SIMULASI MACROMEDIA FLASH UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR FISIKA PADA KONSEP USAHA DAN ENERGI DI SMK NEGERI 3 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img]
Preview
Archive (Thesis)
I,II,III,II-14-roh.FK.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (7MB) | Preview
[img]
Preview
Archive (Thesis)
IV,V,LAMP,II-14-roh.FK.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (7MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dalam tiga siklus yang bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar fisika di SMK Negeri 3 Kota Bengkulu. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X TKJ 2 yang berjumlah 36 orang. Data yang diperoleh dari tes dan lembar observasi dianalisis dengan menggunakan statistik deskriptif. Penelitian ini dilakukan dalam empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas belajar siswa pada siklus I dengan rata – rata skor 28 dalam kriteria baik, siklus II dengan rata – rata skor 31 dengan kriteria sangat baik, dan pada siklus III dengan rata – rata skor 33 dengan kriteria sangat baik. Hasil belajar dalam aspek kognitif diperoleh hasil pada siklus I dengan daya serap siswa sebesar 73,38% dan ketuntasan belajar 69,44% (belum tuntas). Pada siklus II mengalami peningkatan dengan daya serap 80,22% dan ketuntasan belajar 83,33% (tuntas). Dan pada siklus III dengan daya serap 85,95% serta ketuntasan belajar 91,67% (tuntas) mengalami peningkatan dibandingkan pada siklus – siklus sebelumnya (Siklus I dan Siklus II). Hasil belajar afektif siswa yang diperoleh pada Siklus I dengan skor rata – rata kelas 3,7 dengan kriteria baik, Siklus II dengan skor rata – rata kelas 4,1 dengan kriteria baik dan pada Siklus III dengan skor rata – rata kelas 5 dengan kriteria sangat baik.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Physic Education
Depositing User: 021 Nanik Rachmawati
Date Deposited: 10 Sep 2014 11:42
Last Modified: 10 Sep 2014 11:42
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/8428

Actions (login required)

View Item View Item