UPAYA PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERFIKIR INDUKTIF PADA MATERI KALOR DI KELAS X.2 MAN 1 MODEL KOTA BENGKULU

Prabawati , Rizki and Swistoro, Eko and Setiawan, Iwan (2014) UPAYA PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERFIKIR INDUKTIF PADA MATERI KALOR DI KELAS X.2 MAN 1 MODEL KOTA BENGKULU. Masters thesis, Universitas Bengkulu.

[img]
Preview
Archive (Thesis)
IV,V,LAMP,II-14-riz.FK.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Archive (Thesis)
I,II,III,II-14-riz.FK.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (classroom action research) yang dilaksanakan dalam tiga siklus yang bertujuan untuk mengetahui peningkatan aktivitas belajar dan hasil belajar siswa pada konsep Kalor. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X.2 yang berjumlah 22 orang. Data yang diperoleh dari tes dan lembar observasi dianalisis dengan menggunakan statistik deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas belajar siswa pada siklus I dengan rata-rata skor sebesar 17 dalam kategori baik dan pada siklus II dan III masing – masing meningkat menjadi 19 dengan kategori baik dan 19,5 dengan kategori baik.. Hasil belajar siswa dalam aspek pemahaman konsep atau tes soal dan LDS pada siklus I diperoleh daya serap siswa sebesar 74% dan ketuntasan belajar sebesar 59% (belum tuntas); meningkat pada siklus II diperoleh daya serap siswa sebesar 82% dan ketuntasan belajar sebesar 82% (tuntas), dan meningkat yaitu pada siklus III diperoleh daya serap siswa sebesar 88% dan ketuntasan belajar sebesar 90% (tuntas). Penelitian ini menyimpulkan adanya peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa dikelas X.2 MAN 1 MODEL Kota Bengkulu pada konsep Kalor melalui model pembelajaran berfikir induktif. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan disarankan kepada guru tetap menjaga siswa agar perhatian siswa tetap pada tugas yang diberikan serta guru dapat mengarahkan agar aktivitas siswa sesuai dengan syntax model pembelajaran induktif,salah satunya dengan mengajukan pertanyaan sehingga sesuai dengan tujuan pembelajaran

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Physic Education
Depositing User: 021 Nanik Rachmawati
Date Deposited: 11 Sep 2014 12:19
Last Modified: 11 Sep 2014 12:19
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/8431

Actions (login required)

View Item View Item