Novitri , Novitri and Aliman, Aliman and Juarsa, Osa (2014) EFEKTIVITAS PENGELOLAAN PENDIDIKAN KARAKTER (STUDI EVALUATIF DI SEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU IQRA 1 KOTA BENGKULU). Masters thesis, Universitas Bengkulu.
|
Archive (Thesis)
I,II,III,2-13-nov.FI.pdf - Bibliography Available under License Creative Commons GNU GPL (Software). Download (3MB) | Preview |
|
|
Archive (Thesis)
IV,V,LAMP,2-13-nov.FI.pdf - Bibliography Available under License Creative Commons GNU GPL (Software). Download (3MB) | Preview |
Abstract
Secara umum masalah penelitian ini adalah ‘’apakah Pengelolaan pendidikan karakter di SDIT IQRA 1 Kota Bengkulu sudah efektif’’? Penelitian difokuskan pada beberapa masalah khusus yang meliputi : perencanaan pendidikan karakter, pengorganisasian pendidikan karakter, pelaksanaan pendidikan karakter, pengawasan pendidikan karakter, dan evaluasi pendidikan karakter di SDIT IQRA 1 Kota Bengkulu. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengevaluasi pengelolaan pendidikan karakter, yang meliputi : proses perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, pengawasan, dan evaluasi pendidikan karakter di SDIT IQRA 1 Kota Bengkulu sudah efektif atau belum. Penelitian ini menggunakan metode studi evaluasi. Subyek penelitian yaitu kepala sekolah, wakil kepala sekolah, guru dan siswa di Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) IQRA 1 Kota Bengkulu. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisa data penelitian dilakukan melalui langkah-langkah : (1) Mereduksi data, (2) pemaparan data, (3) membandingkan data dengan standar objektif, dan (4) penarikan kesimpulan. Hasil penelitian yang didapat mengenai pengelolaan pendidikan karakter di SDIT IQRA 1 Kota Bengkulu. Setelah data terkumpul dan dilakukan kajian maka penulis dapat menyajikan hasil penelitian yang telah penulis lakukan sebagai berikut : Pertama, perencanaan SDIT IQRA 1 Kota Bengkulu dikategorikan sangat efektif dikarenakan sudah sesuai dengan standar pengelolaan pendidikan karakter. Pihak sekolah dalam melakukan perencanaan sudah melibatkan unsur-unsur terkait seperti yayasan Badan Perguruan IQRA ‘ (BP-IQRA’), tim penyusun kurikulum, dewan guru, komite. Perencanaan pendidikan karakter di SDIT IQRA 1 Kota Bengkulu melalui : 1) sosialisasi kurikulum pendidikan karakter, yaitu sosialisasi oleh pusat kurikulum dan sosialisasi kurikulum di satuan pendidikan, 2) Penyusunan kurikulum yang dilakukan satuan pendidikan. Kedua, pengorganisasian pendidikan karakter di SDIT IQRA 1 Kota Bengkulu dikategorikan efektif dikarenakan belum secara keseluruhan aspek pengorganisasian sesuai dengan standar pengelolaan pendidikan karakter. Organisasi di SDIT IQRA 1 Kota Bengkulu ada dua yaitu 1) organisasi yayasan, terdiri dari bidang dakwah, bidang pendidikan, dan bidang sosial, BP-IQRA, 2) organisasi sekolah, terdiri dari kepala sekolah, wakil kepala sekolah, bendahara sekolah, koordinator-koordinator, wali kelas, dan syuro sekolah. Setiap unit dalam struktur organisasi memiliki tugas, fungsi, wewenang dan tanggung jawab sesuai dengan posisi masing-masing dan dijalankan dengan penuh amanah. Ketiga, pelaksanaan pendidikan karakter di SDIT IQRA 1 Kota Bengkulu dikategorikan sangat efektif dikarenakan sudah sesuai dengan standar pengelolaan pendidikan karakter. Pelaksanaan pendidikan karakter di SDIT IQRA 1 Kota Bengkulu melalui : 1) pengintegrasian melalui mata pelajaran, nilai-nilai pendidikan karakter dimasukkan kedalam perangkat pembelajaran yaitu silabus dan RPP, 2) pengintegrasian melalui mata pelajaran muatan lokal, 3) melalui pengembangan diri, terdiri dari kegiatan terprogram, kegiatan rutin, kegiatan keteladanan, kegiatan spontan, dan kegiatan penunjang, 4) budaya sekolah, 5) melalui pengkondisian berupa penyediaaan sarana pendukung pendidikan karakter. Keempat, pengawasan pendidikan karakter di SDIT IQRA 1 Kota Bengkulu dikategorikan sangat efektif dikarenakan sudah sesuai dengan standar pengelolaan pendidikan karakter. Pengawasan di SDIT IQRA 1 Kota Bengkulu dilakukan dalam bentuk pengamatan langsung terhadap pelaksanaan pendidikan karakter, monitoring pelaksanaan kegiatan pendidikan karakter, dan evaluasi, serta pengkoreksian terhadap perilaku peserta didik,. meluruskan perilaku peserta didik yang menyimpang menjadi perilaku yang postif. Kelima, evaluasi pendidikan karakter di SDIT IQRA 1 Kota Bengkulu dikategorikan efektif dikarenakan masih ada satu aspek yang belum sesuai dengan standar pengelolaan pendidikan karakter, yaitu belum adanya instrument penilaian pendidikan karakter. Penilaian pelaksanaan pendidikan karakter di SDIT IQRA 1 Kota Bengkulu, berupa 1) konteks yaitu kebijakan dan daya dukung, 2) Input yaitu Pendidik dan tenaga kependidikan, RAS, KTSP, peserta didik, sarana dan prasarana , 3) Proses yaitu melalui mata pelajaran. Hasil penelitian ini, penulis berkesimpulan bahwa pengelolaan pendidikan karakter di SDIT IQRA 1 Kota Bengkulu dikategorikan sangat efektif dan efektif. Aspek yang dikategorikan efektif dikarenakan masih ada aspek yang belum sesuai dengan standar yang ada. Pihak sekolah selalu berusaha untuk meningkatkan pengelolaan pendidikan karakter yang masih dalam kategori efektif menjadi sangat efektif, demi tercapainya tujuan pendidikan karakter di sekolah ini. Berdasarkan hasil penelitian dan simpulan diatas, maka penulis memberikan saran kepada pihak sekolah untuk selalu mempertahankan dan meningkatkan dalam pengelolaan pendidkan karakter, komitmen dari seluruh warga sekolah dalam keberlangsungan proses pendidikan karakter yang maksimal, kualitas hubungan kerjasama dengan masyarakat sekitar dalam rangka mendukung pelaksanaan kegiatan pendidikan karakter, kerjasama dengan orang tua murid dalam pengawasan murid.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Postgraduate Program > Magister Administrasi / Manajemen Pendidikan |
Depositing User: | 022 Gofar Ismail |
Date Deposited: | 10 Sep 2014 12:12 |
Last Modified: | 10 Sep 2014 12:12 |
URI: | http://repository.unib.ac.id/id/eprint/8432 |
Actions (login required)
View Item |