PENGELOLAAN MEDIA PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS (Studi Deskriptif Kualitatif di SMA Negeri 1 Putri Hijau)

Susanti, Nopa and Sahono, Bambang and Widodo, Slamet (2014) PENGELOLAAN MEDIA PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS (Studi Deskriptif Kualitatif di SMA Negeri 1 Putri Hijau). Masters thesis, Universitas Bengkulu.

[img]
Preview
Archive (Thesis)
I,II,III,2-13-nop.FI.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Archive (Thesis)
IV,V,LAMP,2-13-nop.FI.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB) | Preview

Abstract

Rumusan masalah umum dalam penelitian ini adalah Bagaimanakah pengelolaan media pembelajaran Bahasa Inggris di SMA Negeri 1 Putri Hijau? Dari rumusan masalah umum tersebut maka dapat dirumuskan masalah khusus dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimanakah perencanaan media pembelajaran Bahasa Inggris di SMA Negeri 1 Putri Hijau? 2) Bagaimanakah pengadaan media pembelajaran Bahasa Inggris di SMA Negeri 1 Putri Hijau? 3) Bagaimanakah Pelaksanaan media pembelajaran Bahasa Inggris di SMA Negeri 1 Putri Hijau? 4) Bagaimanakah Pemanfaatan media pembelajaran Bahasa Inggris di SMA Negeri 1 Putri Hijau? 5) Bagaimanakah pemeliharaan media pembelajaran Bahasa Inggris di SMA Negeri 1 Putri Hijau? 6) Bagaimanakah faktor penghambat dan pendukung dalam menggunakan media pembelajaran Bahasa Inggris di SMA Negeri 1 Putri Hijau? Tujuan penelitian ini secara umum adalah untuk mendeskripsikan pengelolaan media pembelajaran Bahasa Inggris di Sma Negeri 1 Putri Hijau? Secara khusus, tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mendeskripsikan perencanaan media pembelajaran Bahasa Inggris di SMA Negeri 1 Putri Hijau. 2) Untuk mendeskripsikan pengadaan media pembelajaran Bahasa Inggris di SMA Negeri 1 Putri Hijau. 3) Untuk mendeskripsikan pelaksanaan media pembelajaran Bahasa Inggris di SMA Negeri 1 Putri Hijau. 4) Untuk mendeskripsikan pemanfaatan media pembelajaran Bahasa Inggris di SMA Negeri 1 Putri Hijau. 5) Untuk mendeskripsikan pemeliharaan media pembelajaran Bahasa Inggris di SMA Negeri 1 Putri Hijau. 6) Untuk mendeskripsikan faktor penghambat dan pendukung dalam menggunakan media pembelajaran Bahasa Inggris di SMA Negeri 1 Putri Hijau. Metode penelitian adalah cara yang digunakan dalam penulisan penelitian. Metode yang digunakan untuk mengkaji dan menelaah masalah dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Penelitian Deskriptif Kualitatif disini adalah menggunakan pendekatan deduksi, yakni peneliti menjadikan teori yang ada sebagai alat, ukuran, dan instrument untuk membangun dan melakukan pengamatan dilapangan sampai dengan menguji data. Subyek Penelitian adalah segenap orang yang dipandang peneliti dapat memberikan data tentang pengelolaan media pembelajaran Bahasa Inggris di SMA Negeri 1 Putri Hijau. Data yang diperlukan dalam penelitian ini dikumpulkan dengan caraobservasi dan wawancara mendalam. Hasil penelitian adalah perencanaan sekolah dalam pengelolaan media pembelajaran Bahasa Inggris di SMA N 1 Putri Hijau sudah dilakkukan. Perencanaan media pembelajaran Bahasa Inggris di SMA N 1 Putri hijau sudah berjalan meskipun dilakukan belum sepenuhnya memenuhi standar. Berdasarkan keseluruhan uraian tentang prosedur perencanaan media pembelajaran sebagaimana dikemukakan di atas, dapat dilihat bahwa proses perencanaan media pembelajaran Bahasa inggris di sekolah ini yaitu: (1) mendata kebutuhan yang lebih penting/prioritas, (2) menyesuaikan dengan materi dan waktu, (3) mempertimbangkan dana serta kondisi, (4)kemudian menginfentarisir serta menetapkan daftar media yang dibutuhkan/yang akan diadakan. Pengadaan media pembelajaran Bahasa Inggris di sekolah ini sudah dilakukan. Pengadaan media pembelajaran yang dimiliki SMA N 1 Putri Hijau ini masih perlu peningkatan lagi. Sekolah ini belum memiliki laboratorium bahasa sebagai standar pelayanan minimal pembelajaran bahasa. Pelaksanaan media pembelajaran tidak secara kontinu dilaksanakan oleh guru Bahasa Inggris di SMA N 1 Putri Hijau, hal ini dapat dilihat dari intensitas penggunaan media yang tidak dilakukan setiap kali pertemuan. Pemanfaatan media di sekolah ini sesuai perencanaan, guru memiliki prosedur dalam pemanfaatan, dan dengan pemanfaatan media, pembelajaran Bahasa Inggris lebih efektif. Siswa dapat lebih memahami pesan yang disampaikan melalui pemanfaatan media. Pemeliharaan media pembelajaran Bahasa inggris di SMA N 1 Putri Hijau diperoleh keterangan bahwa pemeliharaan media telah dilaksanakan. Penyimpanan media dilakukan di ruang perpustakaan, di ruang TIK dan ruang sarana prasarana, dikarenakan belum tersedianaya ruangan khusus untuk media pembelajaran Bahasa Inggris. Pemeliharan dilakukan secara rutin baik setelah menggunakan maupunsaat tidak digunakan. Oleh karena belum adanya petugas khusus maka pemeliharaan media saat ini dilakukan oleh semua pihak yang terlibat dalam perencanaan, pegadaan, pelaksanaan dan pemanfaatan semua bertanggung jawab terhadap media tersebut termasuk siswa serta warga sekolah. Berdasarkan uraian kajian pustaka serta hasil pembahan terdapat beberapa hambatan dalam pengelolaan media pembelajaran di SMA N 1 Putri Hijau, dan diatasi dengan solusi tertentu yang lebih mudah, sederhana dan meringankan dana. Faktor pendukung pada setiap tahapan dapat dijadikan dasar-dasar dalam mencari solusi ataupun alternative untuk mengatasi hambatan yang ada. Sehingga pengelolaan media pembelajaran menjadi lebih terlaksana sesuai rencana. Simpulan secara umum pengelolaan media pembelajaran Bahasa Inggris di SMA N 1 Putri Hijau sudah berjalan tetapi belum maksimal dan sempurna, meskipun sudah berusaha tetapi masih terdapat keterbatasan sehingga belum terlaksana sebagaimana mestinya. Keterbatasan dana yang menjadi masalah utama sehingga terbatas pula media yang tersedia. Belum adanya bantuan donatur dan hanya menyusun anggaran dari dana komite sekolah. Tim kerja, kondisi sekolah maupun siswa sudah dipertimbangkan serta keterbatasan media sudah dicari alternatif solusinya, hal inilah yang menyebabkan pengelolaan belum maksimal dalam bagian-bagian tertentu. Pengelolaan media pembelajaran Bahasa Inggris di SMA N 1 Putri Hijau dapat dikembangkan menuju pengelolaan yang lebih efektif dan efisien dengan melibatkan seluruh kegiatan operasional dalam pengelolaan media pembelajaran Bahasa Inggris. Perencanaan sebaiknya mempertimbangkan rencana pemenuhan kebutuhan media pembelajara Bahasa Inggris di SMA N 1 Putri Hijau sesuai sesuai standar kurikulum yang digunakan. Dengan tersedianya laboratorium bahasa. Pengadaan media pembelajara Bahasa Inggris di SMA N 1 Putri Hijau yang dilakukan dengan mengutamakan aspek fungsi, terkait dengan kebutuhan nyata yang tetap harus dipertimbangkan sesuai perkembangan teknologi media sehingga media pembelajaran benar-benar bermanfaat sesuai dengan kebutuhan pembelajaran bahasa. Pelaksanaan proses pengelolaan media pembelajaran Bahasa Inggris harus terencana dan sistematis. Memperhatikan tujuan, prosedur, target/sasaran serta jaenis media yang ada. Pelaksanaan media pembelajaran diutamakan untuk mempertinggi mutu belajar mengajar. Pemanfaatan media pembelajara Bahasa Inggris dapat lebih dikembangkan dengan menjadikan media tersebut bermanfaat tidak hanya bagi warga sekolah, namun juga masyarakat sekitar. Pemeliharan media pembelajaran dapat melibatkan semua pihak, seluruh waarga sekolah. Hal ini dapat dilakukan dengan pertimbangan kepentingan bersama. Setiap hambatan dalam pengelolaan media perlu didiskusikan bersama untuk mencari solusi terbaik dengan memberdayagunakan semua faktor pendukung yang ada.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Postgraduate Program > Magister Administrasi / Manajemen Pendidikan
Depositing User: 022 Gofar Ismail
Date Deposited: 10 Sep 2014 13:49
Last Modified: 10 Sep 2014 13:49
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/8433

Actions (login required)

View Item View Item