LEVEL BERPIKIR MATEMATIS SISWA KELAS XII SMAN 2 BENGKULU SELATAN TENTANG JARAK DAN SUDUT PADA KUBUS DITINJAU DARI EXTENDED LEVEL TRIAD++ DAN TAKSONOMI SOLO

Arpan, Arpan and Widada, Wahyu and Haji , Saleh (2014) LEVEL BERPIKIR MATEMATIS SISWA KELAS XII SMAN 2 BENGKULU SELATAN TENTANG JARAK DAN SUDUT PADA KUBUS DITINJAU DARI EXTENDED LEVEL TRIAD++ DAN TAKSONOMI SOLO. Masters thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
IV,V,LAMP,2-13-arp.FI.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (75MB)
[img]
Preview
Archive (Thesis)
I,II,III,2-13-arp.FI.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (75MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mendeskripsikan level berpikir matematis siswa kelas XII SMAN 2 Bengkulu Selatan tentang jarak dan sudut pada kubus ditinjau dari Extended Level Triad++ dan Taksonomi SOLO; 2) Menentukan level setiap subjek berdasarkan Extended Level Triad++ dari teori APOS dan level Taksonomi SOLO Plus. Subjek penelitian dipilih dari siswa kelas XII IPA SMA Negeri 2 Bengkulu Selatan Tahun Pelajaran 2012/2013 sebanyak 32 siswa yang dipilih 12 siswa sebagai subjek penelitian. Data diambil melalui wawancara berbasis tugas dari subjek kemudian dianalisis menggunakan analisis dekomposisi genetik dari Teori APOS dan Taksonomi SOLO. Dari analisis dekomposisi genetik dari teori APOS didapatkan deskripsi level berpikir subjek berdasarkan teori APOS. Setelah didapat deskripsi level berpikir masing-masing subjek dipetakan pada Extended Level Triad++ dari teori APOS. Kemudian dari analisis dekomposisi genetik berdasarkan Taksonomi SOLO didapat deskripsi level berpikir masing-masing subjek dan dipetakan pada level Taksonomi SOLO Plus. Hasil pemetaan subjek pada Extended Level Triad++ dari Teori APOS didapat, dari 12 (dua belas) subjek: 2 (dua) subjek menempati level Pra-Intra (Pra-Level 0), 2 (dua) menempati level Intra (level 0), 2 (dua) subjek menempati level Semi-Inter (level 1), 2 (dua) subjek menempati level Inter (level 2), 2 (dua) subjek menempati level Semi-Trans (level 3), dan 2 (dua) subjek menempati level Trans (level 4). Tidak ada subjek yang dapat menempati level Extended Trans (level 5) yang merupakan level tertinggi dari Extended Level Triad++. Pada pemetaan subjek ke level Taksonomi SOLO Plus, subjek juga hanya menempati enam level terendah dari level Taksonomi SOLO Plus. Artinya level ke tujuh atau level tertinggi belum ada subjek yang menempati.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Mathematics Education
Depositing User: 023 Dody Sahdani
Date Deposited: 10 Sep 2014 14:32
Last Modified: 10 Sep 2014 14:32
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/8435

Actions (login required)

View Item View Item