Hamudi, Ra’ad and Sasongko, Rambat Nur and Safnil, Safnil (2014) IMPLEMENTASI ADMINISTRASI KEUANGAN PADA BADAN PENDIDIKANDAN PELATIHAN PROVINSI BENGKULU. Masters thesis, Universitas Bengkulu.
|
Archive (Thesis)
I,II,III,2-13-raa.FI.pdf - Bibliography Available under License Creative Commons GNU GPL (Software). Download (1MB) | Preview |
|
|
Archive (Thesis)
IV,V,LAMP,2-13-raa.FI.pdf - Bibliography Available under License Creative Commons GNU GPL (Software). Download (1MB) | Preview |
Abstract
Rumusan masalah umum penelitian ini, yaitu Bagaimanakah administrasi keuangan pada Badan Diklat Provinsi Bengkulu? Rumusan masalah umum tersebut dideskripsikan ke dalam Sub masalah sebagai berikut: (1) Darimanakah Sumber Dana keuangan pada Badan Diklat Provinsi Bengkulu ? (2) Bagaimanakah administrasi perencanaan keuangan pada Badan Diklat Provinsi Bengkulu? (3) Bagaimanakah administrasi pengalokasian keuangan pada Badan Diklat Provinsi Bengkulu? (4) Bagaimanakah administrasi penatausahaan keuangan pada Badan Diklat Provinsi Bengkulu? (5) Bagaimanakah administrasi pertanggungjawaban keuangan pada Badan Diklat Provinsi Bengkulu? (6) Bagaimanakah administrasi pengawasan keuangan pada Badan Diklat Provinsi Bengkulu?Secara umum penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan bagaimana administrasi keuangan pada Badan Diklat Provinsi Bengkulu. Tujuan khususnya adalah untuk mendiskripsikan : (1) Mendiskripsikan Sumber dana keuangan pada Badan Diklat Provinsi Bengkulu (2) Mendiskripsikan administrasi perencanaan keuangan pada Badan Diklat Provinsi Bengkulu. (3) Mendiskripsikan administrasi pengalokasian keuangan pada Badan Diklat Provinsi Bengkulu. (4) Mendiskripsikan administrasi penatausahaan keuangan pada Badan Diklat Provinsi Bengkulu. (5) Mendiskripsikan administrasi pertanggungjawaban keuangan pada Badan Diklat Provinsi Bengkulu. (6) Mendiskripsikan administrasi pengawasan keuangan pada Badan Diklat Provinsi Bengkulu. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan deskriptif kualitatif, dengan menggambarkan kejadian nyata yang di temui dilapangan. Subjek penelitian ini adalah Kepala Badan Diklat Provinsi Bengkulu, Kepala Sub Bagian Keuangan Kepala Sub Bagian Perencanaan dan Pelaporan serta bendahara penerimaan/pengeluaran. Teknik pengumpulan data dari penelitian ini menggunakan metode observasi wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisa data yang digunakan melalui 4 tahap, yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan sebagai berikut: Pertama, Sumber dana yang digunakan untuk kegiatan di Badan Diklat adalah dari APBD. Sumber Penerimaan melalui PAD Badan Diklat Provinsi Bengkulu berasal dari Biaya Diklat Kabupaten/Kota (Swadana) dan dari biaya sewa ruang kelas ruang aula dan arsama. Kedua, Administrasi Perencanaan Keuangan di Badan Diklat Provinsi Bengkulu dimulai dari perencanaan anggaran kas guna mengatur ketersediaan dana yang cukup untuk mendanai pengeluaran-pengeluaran sesuai dengan rencana penarikan dana yang tercantum dalam DPA Badan Diklat Provinsi Bengkulu. Ketiga, Administrasi pengalokasian Keuangan di Badan Diklat Provinsi Bengkulu tertuang dalam Dokumen Pelaksanaan Anggaran (DPA). Yaitu untuk alokasi belanja pegawai, belanja barang/jasa dan belanja modal yang dikelompokkan menjadi alokasi belanja langsung dan alokasi belanja tidak langsung. Keempat, Administrasi Penatausahaan Keuangan dalam pelaksanaan terdiri dari penatausahaan penerimaan dan penatausahaan pengeluaran. Penatausahaan penerimaan menyelenggarakan administrasipenatausahaan terhadap seluruh penerimaan dan penyetoran atas penerimaan yang didapat baik dari penyelenggaraan diklat Swadana (Kabupaten/Kota) maupun dari biaya sewa ruang belajar, aula dan asrama. Sedangkan penatausahaan pengeluaran yang meliputi proses pengajuan SPD, SPP, SPM yang nantinya terbit SP2D. Kelima, administrasi pelaksanaan pertanggung jawaban keuangan di Badan Diklat Provinsi Bengkulu meliputi pembuatan laporan realisasi keuangan oleh bendahara dengan semua bukti administrasi keuangan APBD. Keenam, Kegiatan administrasi Pengawasan terhadap pelaksanaan keuangan terhadap penerimaan dan pengeluaran Badan Diklat Provinsi Bengkulu dilaksanakan oleh Bagian Anggaran Biro Pengelolaan Keuangan Setda Provinsi, Pengawasan dilakukan per triwulan, semester maupun satu tahun sekali. Juga dilalukan pemeriksaaan rutin baik oleh pihak internal seperti Inspektorat Povinsi Bengkulu, Inspektorat Jenderal Kementerian Dalam Negeri, maupun pemeriksaan yang dilakukan oleh Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Perwakilan Bengkulu.Simpulan penelitian menunjukkan bahwa administrasi keuangan di Badan Diklat Provinsi Bengkulu telah sesuai dengan kriteria yang di inginkan. Hal ini dimulai dari proses perencanaan, pengalokasian, penatausahaan, pertanggungjawaban dan pengawasan administrasi keuangan yang dilaksanakan sesuai dengan prosedur yang telah ditetapkan dalam Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 13 Tahun 2006 tentang Pedoman Pengelolaan Keuangan Daerah. Saran yang dapat diberikan dalam menghadapi permasalahan- permasalahan terdiri dari : Pertama, Badan Diklat Provinsi Bengkulu disarankan untuk mengusulkan sumber dana lain selain APBD, seperti alokasi anggaran APBN sehingga pelaksanaan administrasi keuangan akan menjadi lebih meningkat, Kedua, Administrasi Perencanaan Keuangan di Badan Diklat Provinsi Bengkulu hendaknya melibatkan semua pihak yang terlibat dalam pengelolaan keuangan sehingga perencanaan bisa di alokasikan sesuai prosedur dan berdasarkan skala kebutuhan prioritas. Ketiga Administrasi Pertanggungjawaban keuangan disarankan kepada Badan Diklat Provinsi Bengkulu dapat meningkatkan kemampuan dan pengetahuan Bendahara baik melalui pelatihan maupun bimbingan teknis sehingga pengelolaan pertanggungjawaban administrasi keuangan akan semakin baik kedepannya. Keempat Administrasi Pengawasan keuangan disarankan adanya pengawasan melekat dari masing-masing bagian/bidang yang mengelola administrasi keuangan sehingga kedepannya akan meminimalisir kesalahan administrasi ataupun penyimpangan dalam pengelolaan administrasi keuangan di Badan Diklat Provinsi Bengkulu.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Postgraduate Program > Magister Administrasi / Manajemen Pendidikan |
Depositing User: | 022 Gofar Ismail |
Date Deposited: | 10 Sep 2014 14:05 |
Last Modified: | 10 Sep 2014 14:05 |
URI: | http://repository.unib.ac.id/id/eprint/8439 |
Actions (login required)
View Item |